Benar-benar Bencana

Dibandingkan dengan bencana Merapi, tentu saja bencana yang akan saya ceritakan ini belum seberapa. Ibaratnya cuma sebutir pasir di pantai. Namun bencana ini membuat saya cukup kelimpungan.

Dua hari sebelum nyaris terkena bencana online, saya disibukkan oleh beberapa kali oglangan (mati lampu/mati listrik) di Internet For Kids yang membuat beberapa komputer ngadat. Saat sudah bisa diberesi semua, sehari kemudian, di tengah gerimis mengundang, tiba-tiba petir menyambar cukup dekat dengan lokasi Internet For Kids 2.1 yang dilanjutkan (lagi-lagi) oleh mati lampu. Beberapa waktu kemudian setelah listrik normal kembali, diketahuilah bahwa ada beberapa komputer yang ngadat lagi. Pun semuanya tidak bisa terhubung ke internet.

Rupanya petir tadi membawa korban 3 CPU yang mengalami kerusakan, satu pada power supply-nya, satu pada port ethernetnya, dan satu lagi rusak motherboardnya. Modem ADSL juga mengalami kerusakan sehingga tidak bisa tersambung ke internet.

Terpaksa Internet For Kids sementara berhenti menyelenggarakan pelayanan kepada anak-anak. Ini membuat banyak pelanggan sangat kecewa. Sehari kemudian barulah Internet For Kids beroperasi kembali. Komputer yang rusak port ethernet-nya cukup ditambah card ethernet baru. Komputer yang rusak power supply-nya diganti power supply pinjaman dari #RBI -Rumah Blogger Indonesia- Bengawan, yang rusak motherboard-nya sementara menganggur menunggu penggantian dari toko karena masih garansi, sedangkan modem (yang juga masih garansi) mendapat penggantian dari provider-nya.

Walaupun squad-nya masih belum lengkap, keramaian anak-anak di Internet For Kids sudah kembali seperti sediakala. :-)

*desain logo Internet For Kids yang baru digores oleh Mursid.Web.Id.

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

40 thoughts on “Benar-benar Bencana

  1. Alhamdulillah sudah bisa jalan, petir memang datang tak diundang pulang tak diantar, dulu dah pernah juga korban mb dan beberapa kali merusak dsl modem.

  2. syukur deh IFK bangkit lagi ,, oya pak andy , buat IFK juga harus diawasi terus , terutama dengan hal* porno , soalnya waktu saya maen di komputer pojok bagian barat ada beberapa file video yang berjudul Maria Ozawa , setelah saya buka ternyata pideo bokep . kalo diliat dari tanggal penaruhan filenya sekitar 1 minggu sebelum saya maen ke IFK , entah itu file hasil download atau dari MMC hp saya jg gk tau , yg penting terus diawasi aja pak andy ,,

    maju terus IFK….

  3. (bigeyes) busyet. Sekali kena, 3 korbannya! Tapi sukurlah kalau bisa diganti dengan gratis. Jadi enga keluar biaya.
    P.s: emang kompi-nya baru semua ya mas? Kok masih garansi? Terus emang natural accident termasuk dalam garansi? (thinking)

  4. Semoga jangan ada “trilogi” deh bencananya (nyengir), setelah “nyaris”, “benar2”, jangan sampe posting “ya Tuhan, kok dikasih bencana lagi sih” :-D

  5. saya pernah ngalamin seperti itu mas, tapi yang kena bukan pc saya tapi router mikrotik saya yang rusak karena gundala :D itu semua karena grounding listrik saya yang kurang bagus.

    salam,

  6. turut berduka cita gan.. disini pun ada pelanggan yg baru langganan seminggu tutup karena warnetnya 10 pc disambangi petir dan sukses TKO smua..

  7. wah, petir emang gak diduga, bencana karena konslet atau bahkan kena sambar petir juga gak sedikit. hehe. semoga cepet beres bencana offlinenya.

  8. Wah bahaya banget tuh ya, si petir emang mengerikan sekali…
    Jadi inget musibah yang menimpa saya beberapa tahun silam, CPU saya matot gara2 kemasukan cicak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *