Bengawan Solo

Hampir setiap tahun, di tengah-tengah musim hujan dapat dipastikan terdengar kabar tentang banjir di wilayah-wilayah sekitar Sungai Bengawan Solo. Maklumlah, -sungai terpanjang di pulau Jawa dengan panjang sungai sekitar 600 km mengalir di dua propinsi yaitu Propinsi Jawa Tengah dan Propinsi Jawa Timur- ini memang mempunyai debit air yang sangat besar. Saking terkenalnya Gesang pun terinspirasi untuk menciptakan lagu berjudul Bengawan Solo.

konser bengawan solo dalam rangka ulang tahun Gesang, 2008

Berhulu di sisi selatan Gunung Lawu di Wonogiri dan terkurung pegunungan seribu yang membentengi pantai selatan, Bengawan Solo mengalir ke barat dan dicegat Waduk Gajahmungkur ketika mulai mengalir ke arah utara, berkelak-kelok  dan bertambah besar alirannya karena banyaknya anak sungai, akhirnya bermuara jauh di timur di Gresik, Jawa Timur.

Berbagai bangunan pengairan berupa bendungan, bendung, tanggul, irigasi, dan lain sebagainya, yang telah mengeluarkan biaya sangat besar hanya mampu meredam keganasan Bengawan Solo di musim hujan. Setiap tahun, banjir masih saja dialami beberapa wilayah yang berdekatan dengan Bengawan Solo, sangat kontras dengan keadaan air bengawan pada musim kemarau yang menurut Gesang “tak sebrapa airmu”.

Dalam perjalanan saya di minggu terakhir ini (16-21 Pebruari 2009), melewati Surabaya, Gresik, Bojonegoro, Cepu, Blora, dan Grobogan, saya berkesempatan mengunjungi Bengawan Solo di Gresik, 8km dari muara.

bengawan solo, 8km dari muara

Debit air saat ini masih cukup tinggi, namun banjir, baik di Solo, maupun di wilayah-wilayah lain sepanjang aliran Bengawan Solo, tidak separah tahun 2008 lalu.

Pustaka dan Gambar:

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

25 thoughts on “Bengawan Solo

  1. Sudahkah Bengawan Solo menjadi Ciliwungnya Jakarta? Bukan ketenangan yang didapat ketika melihatnya, tapi justru keprihatinan melihat gunungan sampah menggelayuti punggungnya..

    Prihatin sama sungai-sungai bersejarah semacam Bengawan Solo. Tapi lebih prihatin lagi sama orang-orang yang tidak peduli akan fungsi awal sungai sehingga dengan seenaknya menghancurkan salah satu cagar alam budaya Indonesia.

    (meski bukan pertamaX, ini komenku yang pertamaX)

    • sepakat polll.. dan…
      makasih atas kunjungan pertamanya…
      kalau saya lewat jkt dan sekitarnya, saya usahakan mampir beneran… toossss

  2. memang meskipun nggak bicara tapi mahluk yang namanya bengawan solo itu baru nostalgia mencari alirannya dahulu yang dibelok-belokkan dan menjadi pemukiman, hayo… sopo sing wani ngandani bengawan solo biar mau belok….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *