Bibit Bodoh

ilustrasi

Sebetulnya ~menurut saya~ bodoh itu hanyalah lawan kata dari pintar atau pandai. Tidak ada sebutan pintar kalau tidak ada yang bodoh, demikian sebaliknya. Demikianlah kelaziman keadaan di dunia seperti halnya hitam-putih, siang-malam, cantik-jelek, dan lain sebagainya.

Saya yakin, tidak seorang bodoh pun yang mau disebut bodoh, karena pasti ada keinginan untuk menjadi pandai.

Yang mengherankan, banyak orang (termasuk saya) seringkali mengatakan orang lain bodoh, pekok, goblog, dungu, dan lain sebagainya, padahal sudah tahu dengan pasti bahwa yang dikatain tidak seperti yang disebutkan. Persis seperti kalau ada orang mengumpat atau memaki orang lain dengan kata anjing, asu, babi, celeng, genjik, dan lain sebagainya, sudah pasti tahu bahwa yang dikatain adalah manusia bukan hewan.

ilustrasi

Berhati-hatilah bila akan mengumpat atau memaki (setidaknya ngatain orang lain) dengan sebutan “bodoh“. Orang bijak dan rendah hati tidak akan sakit hati dikatain bodoh karena mereka tahu bahwa saat mereka merasa bodoh justru adalah saat mereka melihat ada sesuatu yang belum terpecahkan dan menjadi tantangan. Sebaliknya, saat seseorang merasa pintar, di saat itu pula orang lain tahu kebodohan si orang yang merasa pintar. Walaupun begitu, saya tidak tahu pasti apakah Ki Joko Bodo atau Joko Bodoh yang terkenal itu benar-benar rendah hati atau benar-benar bodoh… Yang jelas, beliau-beliau itu sudah bisa membuat saya tersenyum simpul.

Sekali berhati-hatilah! Wise men say lagi, orang yang suka ngatain orang lain bodoh itu justru memupuk bibit bodoh dalam diri sendiri…

Catatan Andy MSE:

Tulisan ini adalah tulisan pertama setelah sebulan penuh tidak ada tulisan baru di Blog Kecakot ini, sekaligus sebagai pemecah rekor setelah 42 bulan berturut-turut selalu ada tulisan setiap bulannya… Menyebalkan!!!…

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

26 thoughts on “Bibit Bodoh

  1. Wise man say lagi, orang yang suka ngatain orang lain bodoh itu justru memupuk bibit bodoh dalam diri sendiri…, apalagi ngatain diri sendiri bodoh y…?

    • jangan salah! bisa jadi yg ngatain diri sendiri bodoh adalah orang yang rendah hati dan merasa bodoh lho! waspadalah, seringkali orang yg sok bodoh malah bisa menipu orang yg sok pinter, hahaha…

  2. Membodoh-bodohkan orang lain adalah pekerjaan gampang soalnya ora mbayar. Mekaten to nggih? Aha akhirnya Ki Sanak posting lagi :)

  3. sejujurnya di negeri ini pejabatnya hobinya membodohi rakyat, dan kalau sudah ketahuan belangnya akan terlihat bodoh, memberikan komentar bodoh dan tampangnya sangat bodoh sekali (tongue)

  4. wes do aneh kabeh, pencitraan, penggombalan
    saiki wes tekan pembodohan..!

    “hati-hatilah berucap karena ludah bisa menjadi api”

  5. kesuen neng ndeso… bibit bodoh-nya thukul.

    *java scriprt said: Cek dulu untuk konfirmasikan BUKAN spammer (gunakan nama yang manusiawi) … memang hiu…hiks.

  6. Orang bodoh masih ada kemauan untuk belajar, tai orang sok pintar, menganggap dirinya paling bener… kadang sulit terima kalau dikasih tau nya

  7. Aku pikir mau bibit e nama orang, ternyata bukan tho? :D
    Berharap banyak blogger yang nulis posting dengan judul diatas, so, klo ada orang ngetik “bibit pintar” google menyarankan, mungkin yang anda maksudkan adalah bibit bodoh?
    Ha….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *