Bilbo Blogger

Bilbo-thehobbit-Bila mendengar kata Bilbo, banyak yang terbayang pada Bilbo Baggins, seorang karakter hobbit dalam legendarium karya John Ronald Reuel Tolkien ( J.R.R. Tolkien ~ 1892-1973). Bilbo merupakan karakter utama dalam cerita The Hobbit (1937), juga merupakan tokoh minor dalam The Lord of The Rings (1954-1955).

J.R.R. Tolkien ~ John Ronald Reuel Tolkien, lahir di Afrika Selatan, 3 Januari 1892 – meninggal di Oxford, Inggris, 2 September 1973 pada umur 81 tahun) adalah penulis novel asal Britania Raya yang menulis The Hobbit (1937) dan lanjutannya The Lord of the Rings (1954—1955). Ia bekerja sebagai profesor dalam Bahasa Inggris di Universitas Leeds pada 1920-1925, sebagai profesor Bahasa Anglo-Saxon di Universitas Oxford pada 1925-1945, dan bahasa Inggris dan sastra, juga di Oxford, pada 1945-1959.  (wikipedia)

Saya tidak akan membahas Bilbo Baggins itu melainkan Bilbo Blogger yaitu aplikasi blogging client yang digunakan untuk mempublikasikan entri blog tanpa membuka blog bersangkutan. Sebegitu banyak cara posting blog tanpa  login secara langsung pada ke mesin di belakangnya, saya pernah membahas salah satunya di blog ini yaitu Blog Entry Poster. Namun sayangnya, blog entry poster hanya bisa digunakan untuk posting tulisan saja (text) tanpa gambar. Di Solve With IT, seorang kawan juga pernah membahas tentang Cara Posting Menggunakan Remote Publishing OpenOffice.

Nah… Bilbo ini sebetulnya aplikasi KDE, namun di Ubuntu saya aplikasi itu bisa berjalan baik walaupun menggunakan Gnome sebagai desktop managernya. Beberapa file termasuk library KDE yang diperlukan akan disertakan bilamana menginstall Bilbo. Demikian pula bilamana ada update.

Cara penggunaannya pun gampang sekali. Syaratnya tetap sama dengan remote publishing lain yaitu harus mengaktifkan remote pada mesin blog bersangkutan.

bilbo--add-new-blog

Pada waktu menggunakan Bilbo untuk pertama kali, yang paling penting dilakukan adalah memasukkan alamat blog berikut username dan passwordnya agar remote publishing bisa dilakukan.

bilbo-blogger-editor

Yang saya suka, editornya cukup lengkap. Tidak hanya tulisan, gambarpun bisa disertakan. Setelah selesai menulis, tulisan bisa disimpan secara lokal di komputer, atau klik submit untuk mempublikasikannya di blog…

Bila sedulur pengguna Ubuntu, cara installnya cukup dengan membuka terminal dan mengetikkan:

sudo apt-get install bilbo

saya mengetahui Bilbo ini setelah kopdar dengan Abi Gamitra

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

64 thoughts on “Bilbo Blogger

  1. Kalau ngepost diblog wordpress lewat email bisa ga pak? spt posterous gt…
    siapa tau lebih praktis buka email client drpd buka blogging client…

    wah, kula sampun dangu mboten dolan mriki…

  2. mmm.. jadi selama ini pake web aja ya mas nulisnya? (thinking) saya juga taunya dari kang kombor…. Kl enggak salah waktu mas andy ngebahas prozilla dech…. Jadi sebelom karmic, yaitu di jaunty saya udah pake (dance)

  3. Tapi sayang yah tabs nya enggak ada… maksudnya tab dari sebelum-sebelumnya… Di windows live writer ditampilin…. Mungkin kita bisa kasih saran ke bilbo … :-)

  4. wah makasih atas info barunya tentang salah satu aplikasi yang bisa dijalankan lewat ubuntu pak, meski kurang baik berjalan di OS tersebut ;)

  5. mmm……. sayang saya belum bisa menikmati Bilbo karena masih pake Jendela (doh)

    oia om, apa postingan ini juga hasil dari bilbo (thinking) .-= sedulur katakataku menampilkan tulisan..Tanya =-.

  6. wah… sejak 23 november saya dapat kerjaan baru… benar2 nggak sempat online seharian, pulangnya juga sore sekali dan cuapek buangets…
    maaf ya kalau nggak balas komen kayak dulu lagi!…

  7. hari hari indah selama 2009 akan segera berakhir
    marilah kita sambut hari yang lebih bahagia lagi di tahun datang
    barajakom akan senantiasa hadir disini untuk mempererat silahturahmi dan belajar ngeblog
    selamat tahun baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *