Copy Paste

Saya mengenal copy-paste sekitaran tahun 1989, sejak mengunakan Wordstar, aplikasi pengetik jadul yang sangat populer. Waktu itu kebanyakan komputer di Indonesia menggunakan IBM-DOS dan MS-DOS sebagai operating systemnya. Setahu saya, hanya sedikit yang menggunakan apel krowak berwarna pelangi, saya sering menjumpai di tempat-tempat percetakan. Operating system lainnya?? (doh) saya belum kenal sama sekali… Anehnya, walaupun mesin itu membutuhkan operating system sebelum menjalankan aplikasi, saya malah mengenal aplikasi Wordstar itu sebelum mengenal operating system. Setahu saya, gunanya OS ya cuma untuk nge-boot, dan selanjutnya aplikasi digunakan.

Kembali ke copy-paste, jujur saja, saya sering melakukan copy-paste. Bahkan itu menjadi bagian tak terpisahkan saat menggunakan komputer. Dulu di wordstar saya sampai hafal banget berbagai macam instruksi, bukan hanya copy-paste, namun juga instruksi lain misalnya Ctrl+K+Q, Ctrl+K+S, Ctrl+K+X, Ctrl+K+B, Ctrl+K+K, dan kontrol-kontrolan lain… :-D Sewaktu melakukan olah angka dengan Lotus 123 saya juga banyak hafal berbagai macam instruksi baik untuk copy paste antar cell, formula maupun slash-slashan (instruksi yang menggunakan /, misalnya, /wgdoic untuk mengatur format currency). Di DOS-nya sendiri juga banyak instruksi-instruksi misalnya dir [drive], copy [drive] [filename] [target], sys, ver, md, cd, rd, dan banyak lagi. Saya juga sering menggunakan copy con untuk membuat file dengan mengetikkan langsung dari keyboard. Ini berguna untuk membuat batch file, configurasi, text file, dan lain-lain misalnya “copy con autoexec.bat” untuk membuat file autoexec.

Yeach, sudah terlalu lama dan sudah terlalu banyak yang saya lupa, itu hanya bagian dari sejarah komputer yang saya gunakan. Jaman sekarang, urusan copy-paste sudah sangat mudah dilakukan.

Ketika jaman semakin maju, bekerja berjejaring semakin meraja, urusan copy-paste tidak hanya di lingkungan dalam saja., melainkan antar komputer dalam jaringan lokal, bahkan melalui jaringan internet. Dalam soal per-website-an termasuk blog-mengeblog, sering pula dijumpai kopi-mengkopi konten.

Khusus urusan ini, banyak pihak merasa terganggu bila konten dalam blog-nya di-copy orang lain. Seringkali saya merasa heran sendiri. Yang pertama; kok ada saja orang yang sedemikian enteng mengopi karya orang lain tanpa mencantumkan sumbernya, bahkan seringkali mengakui itu sebagai hasil karyanya? Mengapa tidak jujur saja, misalnya kopian hanya sebagai kutipan saja, dan selalu mencantumkan sumbernya? Yang kedua; mengapa yang memiliki konten dan di-copy orang lain seringkali tidak ikhlas, tidak rela, bahkan sebel dan marah-marah? Seolah-olah karyanya adalah sesuatu yang sangat tinggi dan hebat, membuatnya pun dengan memeras otak, tidak menyadari bahwa ilmu yang dimiliki hanya senoktah  tak ada, dibandingkan ilmu Sang Maha Mengetahui. Bukankah seharusnya senang bilamana orang lain ikut memanfaatkan hasil karya kita, sepanjang tidak untuk keperluan yang negatif?

copyscape

Aaahhh…, saya tidak termasuk orang suka meng-copy-paste karya orang lain, saya juga tidak menganggap bahwa isi web ini sedemikian penting sehingga orang lain tidak boleh mengopinya. Silahkan saja! Di sini saya tidak mematikan klik kanan, tidak memasang banner yang menunjukkan bahwa halaman-halaman blog ini dilindungi oleh copyscape, saya juga tidak memasang banner konyol “boleh di-copy, jangan di-paste“…

Saya tidak menganggap keliru siapapun di antara sedulur sekalian bilamana tidak menghendaki karya sedulur di-copy-paste. Itu hak sedulur sekalian. Saya bahkan menyarankan, sedulur yang ingin melindungi konten situs web-nya dari copy-paste, mendaftar (misalnya) di copyscape. Khusus berkaitan dengan blog ini, saya tidak akan melakukan pengecekan atas siapa saja yang meng-copy-paste konten blog ini, namun, ada baiknya sedulur sekalian berkenan menyimak halaman Disclaimers

Apa pendapat sedulur sekalian???

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

38 thoughts on “Copy Paste

  1. yang harus dihindari sesungguhnya copy paste idea dan gagasan, bukan sekedar copy paste kata atau kalimat. kata dan kalimat adalah milik publik, siapapun boleh menggunkannya tanpa harus minta ijin kepada siapapun. apalagi jika yang ditulis bukan tulisan ilmiah yang herus dipertanggung jawabkan secara akademis.

    idea dan gagasan yang harus dihargai… bukan kata dan kalimatnya…

    tapi ngomong2…, jebule kowe sepuh banget yooo…. jamane wordstar dan lotus 123, aku belum lahir jeee…. wakakakakakak… :D
    klik untuk baca tulisan itempoeti berjudul Khoe Seng Seng dan Prita Mulyasari; Gagalnya Sebuah Negara

  2. kok nggak ada yang ngopi paste tulisan saya ya (doh).mbaca tulisan saya aja pada muntah muntah. apalagi copy paste.
    kontrol kontrolan aku ra mudeng yen kontrol tenenan mudeng (doh).
    podo karo itempoeti tahun 89 aku isih ngombe ASI.

    klik untuk baca tulisan endar berjudul Alun-alun Purwokerto

  3. Pak Andy pasti nglothok kode2:
    .lm
    .rm

    Selain control (alat vitral) masih banyak kombinasi kode pada WS.
    Saya juga belum perlu melarang orang copy paste blog saya, karena memang tak bisa dikontrol.

    Tambah lagi, saya juga tidak tertarik menggunakan software anti copy-paste.
    Jek akeh liyane sing luwih penting buat saya pikir…

    Mikir anak bojo…

    klik untuk baca tulisan marsudiyanto berjudul Ada atau Tidak Ada harus Ada

  4. kopas emang enak kok pakdhe.. apalagi pagi-pagi karo nyemil pisang goreng.. wah nyamleng tenan (LOL)

    btw, kadang saya juga heran kok, wong tulisan amburadul kayak diblogku kok yo ada yg mau kopas.. jangan2 yang ngopas lebih amburadul dari saya (LOL)

  5. Mas,
    Saya copy paste lhooo semua isi web ini, hehehee…
    Kalo saya mas, orang mau copas ya gpp, tapi kalo bisa sebutkan sumbernya. Gimanapun juga yang namanya hasil karya seburuk apapun sejelek apapun itu tetap hak cipta. Sedikit dihargai saja sudah buat orang senang.

  6. waduh.. pale acara sindir-menyindir… juga..

    kaya pasangan capres-cawapres wae pak….

    semoga yang pernah posting –Boleh Dicopy Jangan Dipaste…– gak kesinggung….

    ngelirik pak mars******………….
    [rq=2675,0,blog][/rq]Ruang Sahabat

  7. Saya memang tidak pernah melarang orang copas di blog saya, asal dia mencantumkan sumbernya, tapi bukan dengan maksud biar saya dikenal. Karena blogger yang suka copas lama2 juga sepi pengunjung, karena pengunjung ingin sesuatu yang beda.

    Saya sendiri berusaha tidak copas. Alhamdulillah sampai sekarang saya menulis sendiri blog saya. Lagipula, artikel yang ditulis sendiri rankingnya di gugel tinggi. Klik tulisan saya : http://blogmasindra.blogspot.com/2009/05/keuntungan-menulis-artikel-buatan.html

  8. Definitely agree with what you stated. Your explanation was certainly the easiest to understand. I inform you, I usually get irked when folks discuss issues which they plainly don’t know about. You managed to hit the nail correct on the head and explained out everything without complication. Maybe, individuals can take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *