Dishub-Surakarta.Co.Cc

Di suatu pagi yang malas, saya sudah siap di meja kerja. Pening di kepala karena jadwal yang cukup padat membuat saya harus meneliti ulang rencana-rencana kegiatan saya di minggu ini. Kalender kembali menjadi ajang coret-coret, sekedar pelampiasan, walaupun sudah ada event-kalender di laptop.

Tiba-tiba saya terhenyak melihat header pada Kalender Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Di situ tertulis:

PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
DINAS PERHUBUNGAN
Jl. Menteri Supeno No.7 Surakarta
Telp./Fax. : (0271) 717 470 & Telp./SMS : 7096 111
www.ccroomdllajsolo.wordpress.com

kalender dinas perhubungan kota surakarta

Terdorong oleh rasa penasaran, saya langsung menuju ke alamat website yang tertera di kalender itu. Ops.. ternyata sudah pindah rumah sejak 01/01/2009…

MULAI 1 JANUARI 2009, SILAHKAN AKSES KE BLOG
DISHUBSURAKARTA

http://www.dishub-surakarta.co.cc

ternyata sudah pindah alamat

..klik… budhal…

Sampailah saya di Dishub-Surakarta.Co.Cc yang menggunakan domain yang mungkin saja gratis (co.cc ada juga lho yang berbayar). Selidik punya selidik, ternyata mesin (sistem pengelola konten)-nya menggunakan blogspot. Saya baru ngeh ketika melihat favicon-nya yang khas huruf B berwarna orange. Kembali menelusur lebih dalam, saya meyakinkan diri bahwa itu benar-benar mesin blogspot.

Yang agak menggelikan, di bagian bawah (footer) ternyata ada tulisan… (lmao)

SITUS INI
MENDUKUNG INDONESIA DALAM KONTES SEO INTERNASIONAL
I Love Indonesia

dishub-busbyseotest

Hhh… ini yang benar-benar aeng-aeng… Ada link yang mengarah ke http://enticegh.com/busby-seo-test/… Masa situs milik pemerintah ngikut busby-seo-test??? Nggak menyalah sih, cuma aneh bin aeng-aeng aja! Hehehe…

Yups… kembali ke website…

Saya tidak mempermasalahkan mesin dan domain yang dipakai, apakah gratisan atau berbayar. Justru saya salut kepada kegigihan para administrator di belakang website itu (terutama kepada Aris Hendrayana, pemilik http://www.yc2snk.co.cc/ yang tercantum di footer http://dishub-surakarta.co.cc…) yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk menyajikan informasi yang bermanfaat di dunia maya.

Tapi tak ayal, dalam hati saya tetap bertanya-tanya… “mengapa tidak menggunakan dishub-surakarta.go.id saja, atau nge-subdomain ke surakarta.go.id???, atau… barangkali sudah ada situs lain yang lebih resmi???”… (thinking)

Barangkali ada yang bisa membantu??? (bigeyes)

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

66 thoughts on “Dishub-Surakarta.Co.Cc

  1. Saya malah curiga, jangan2 sebenarnya sudah dianggarkan dana yang cukup besar untuk membangun sebuah website. Tapi mungkin dana itu kemudian ‘dimainkan’ dan ‘diuntal’, jadilah pake domain (yang mungkin gratisan) dan hosting yang gratisan. Toh pejabat2 itu gak mudheng IT, kasihan mereka cuman dibodohi. Haha, itu cuma prasangka dari saya lho :D
    Dony Alfan´s last blog post..Sang Putra Daerah

  2. sepertinya ada jalur yang terputus akibat birokrasi.
    beberapa tahun lalu saya pernah diminta bikin situs kota dengan domain http://kabbanyuwangi.com. dalam hati saya bertanya kenapa tidak banyuwangi.com saja. selidik punya selidik ternyata banyuwangi.com sudah ada , dan itu memang situs formal.
    Loh, lha yang ini apa? ternyata ini ide dari calon bupati. (saat itu dia masih pejabat kabupaten sehingga tidak membuat saya bertanya-tanya tentang keabsahan order website).
    sayangnya si calon tinggal calon karena kemudian dia tidak terpilih. apesnya, wesbite tak diteruskan. Mending ada omongan. hilang plass.. sayapun gigit jari.

    novi´s last blog post..Fenomena Cewek Pulsa dan Bisnis Baru di Kereta

  3. smoga gak tertampung di anggaran, klo toh gratisan
    berarti hal ini mrpkn “inovasi dan kreativitas mereka”
    memang menggelitik klo website pemerintahan ikutan kompetisi SEO
    sekedar atau tidak sekedar masalah “etika”???
    mas andy yg tau jawabannya…he..he

    Nyante Aza Lae´s last blog post..Harapan dan Kenyataan

    • rekan-rekan boleh banyak kasih komentar ttg blog dishub,asal tau aja kami dr team cc room dishub, mencoba utk berkreasi di dinas kami dan kami tidak mengharapkan apapun dr pemkot maupun dinas ttg blog yg kami buat. Ini semua kami lakukan semata-mata untuk memberikan sebuah informasi kpd publik. Kami sangat senang mendapatkan banyak masukkan.Terutama buat mas Andy….tnx guys

      aries hendrayana menampilkan tulisan… Jamasan canthik Kyai Rojomolo

  4. mungkin kalau nanti sudah siap,kami akan minta ke pak jokowi utk dapat nge sub ke surakarta.go.id atau malah punya domain sendiri. Doakan saja perjuangan kamu berhasil.

  5. Saya kenal Mas Aries. Dia hanya orang yang sangat berdedikasi, mengabdi pada CC Room Dishub Surakarta dankebetulan dia “tidak gaptek”, sehingga merasa terpanggil untuk membuat situs Dishub ini. Jangankan korupsi. Ada dananya pun enggak, bro…
    Mohon jangan sudutkan dia, karena segala prasangka Anda semua di sini tak beralasan.

    • yups… saya berfikir positif lho, justru saya menghargai upaya mengembangkan media publikasi di internet, walaupun masih menggunakan gratisan.. semoga pemerintah kota segera tanggap… :-D

  6. sayang, dishub-surakarta.co.cc adalah “Forwarder” bukan menggunakan webhosting. dan Mas Aries coba buka dishub-surakarta.co.cc itu merupakan bukti klo itu hanya “Forward” aja. kan banyak tuh hosting yg Free.
    hanya sebatas urun rembug aja.

  7. wisss… sing wis yo wisss. podo ra rohe. menungso ra no sing pinter. kabeh ki semua sih podo belajar….. ra ngono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *