Goa Kiskendo

Saya tidak tahu, ada berapa jumlah Goa Kiskendo di dunia ini. Setahu saya di Kulonprogo, di perbukitan Menoreh ada Goa Kiskendo –disebutkan di website (yang selalu telat apdet) Badan Pariwisata Daerah, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta— . Selain itu, di Kendal juga ada Goa Kiskendo. Entah dimana lagi, mungkin saja di India juga ada Goa Kiskendo, hehehe…

Menyimak cerita-cerita di balik gua itu, baik di Kulonprogo maupun di Kendal, sama saja alias sami mawon. Sama-sama berlatar belakang cerita pewayangan, “Pertarungan Subali melawan Lembusuro dan Mahesosuro”. Saya tidak percaya itu, namun mengunjungi keindahan Goa Kiskendo di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, tetap saja menarik. Sayangnya, referensi mengenai Goa Kiskendo di internet termasuk sangat sedikit. Di Wikipedia, tulisan yang ada juga masih sebatas rintisan. Menurut saya, ini merupakan tantangan bagi para blogger di Kabupaten Kendal, juga bagi Dinas Pariwisata setempat untuk memperbaharui informasi yang bermanfaat untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Kendal.

Menurut saya lagi, secara geologis juga perlu dikaji lebih mendalam sehubungan dengan keunikan lanskap di seputar Goa Kiskendo. Sepintas terlihat bahwa Goa Kiskendo terbentuk karena sungai Glagah yang mengalir di antara dua bukit *jangan ngeres*, dan mengikis bebatuan selama beratus atau berjuta tahun *halah sok pinter*. Hasil pengikisan itu membentuk gua terbuka yang besar dimana di tengahnya mengalir sungai Glagah itu. Di tebing di kanan-kirinya terdapat beberapa gua-gua kecil seperti Goa Lawang, Goa Pertapaan, Goa Tulangan, Goa Kempul dan Goa Kampret. Sedangkan ceruk atau lubuk atau kedung sungai Glagah yang terletak di gua besar itu disebut Kedung Jagan. Di dalam gua-gua kecil di Goa Kiskendo terlihat jelas adanya stalaktit dan stalakmit yang terbentuk karena tetesan air.

Berikut foto-foto yang saya ambil sepulang dari Kendal, sehabis kopdar dengan pak Sawali.

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

35 thoughts on “Goa Kiskendo

  1. wew… sempat2nya mampir ke goa kiskenda? hebat bener! sebenarnya goa semacam ini erat kaitannya dengan legenda dalam cerita pewayangan. tapi sampai sekarang saya juga belum tahu, mas andy, sebenarnya apa hubungan kendal dengan legenda pewayangan? selama ini kendal kan lebih identik dengan kota santri.

    silahkan klik bila tertarik tulisan sawali tuhusetya yang berjudul..Pemulung dan Nilai Kepahlawanan Sejati

  2. baru tahu aku, kalo di Kendal ada tempat wisata yang ber gua-gua… kereeennn beh… kalo pas ke kendal tak mampir achhh…

    pak Sawali, Saya pernah baaca di salah satu web tentang kejawen dan legenda pewayangan, bahwa kendal dalam dunia pewayangan itu adalah salah satu ksatrian dibawah kekuasaan kerjaan amartha. ini kata legenda wayang jawa yang dikaitkan dengan lokalitas alias dilokal-lokalkan… :D
    silahkan klik bila tertarik tulisan ciwir yang berjudul..Jepretan Senjakala

  3. tuh gua apa sudah diberdayakan,Mas. Kayaknya saya baru dengar…
    apa sudah masuk agenda wisatanya Kendal …?
    Wah, sambil kerja masih sempat piknik juga ya Mas andy…siip!

  4. pertama..gambar nya asli bagus2…jadi pengen ksana…tapi, mgkn gak yah…?

    kedua, saya setuju. benar sekali. sejarah, apalagi penamaan memang harus segera diluruskan. contohnya aja tempat saya dibesarkan, namanya pontianak, kalimantan barat. saya baru2 ini saja mengetahui asal katanya itu berasal dari kata ponti yang artinya ayunan. sementara saat itu saya obrolkan dengan mertua dan kerabat2, mereka malah nyolot menyalahkan saya. mereka tetap keukuh kalau pontianak itu dari kata kuntilanak…yah…gitu deh, padahal tahun 1995 tuh udah ada pembahasan ttg sejarah mesjid2 dan kerajaan indonesia yang ditayangin di tvri…

    gitu deh…maaf mas, kebanyakan koment nya…semangat sih…hehe

    silahkan klik bila tertarik tulisan hesra yang berjudul..Mari Berkhayal;

  5. nama guanya keren ya mas , kiskendo … itu yang di foto pakai jaket biru muda sapa mas ?

    terakhir ke gua di kreta yunani, dari atas kepanasan 40 °C masuk ke gua yg jalannya menurun jadi makyuss, atis tenan :P
    silahkan klik bila tertarik tulisan Elys Welt yang berjudul..Menyetubuhi Bambi

  6. subhanallah… alangkah indahnya alam ciptaan Allah itu :) kebetulan saya anggota wwf-indonesia mas andy jadi saya suka terkagum-kagum kalau bisa liat alam bebas walaupun itu hanya lewat foto hehehehehehehe

  7. @Andy MSE
    yang bener itu malah sibuk piknik jadi kurang belajar pak :D Walopun dekat, yang namanya anak muda pasti lebih milih ke pantai daripada ke gua :D He… Tapi kalo saya, milih naik gunung.nya.

  8. indah juga ya…Gua Kiskendo nya kendal.kulon progo memang punya Goa kiskendo juga,juga waduk Sermo yang sangat indah…tapi Bapardanya selalu telat update….ngenyek ya…tapi betul…Kita pernah keliling Kulonprogo dengan Ibu2 dan istri bupatu Kulon progo…sangat indah sebenarnya.

  9. hmm… jadi ada dua gua kiskendo ya, mas? di kendal dan di kulonprogo?
    bagus banget yah pemandangannya… serasa di gua kiskendo… *disambit cangkang duren*

    silahkan klik bila tertarik tulisan Caroline yang berjudul..Free Wi Fi…

  10. kalo sampean mau ke goa KISKENDHO yang di Kulon progo Yogyakarta itu dekat rumah saya mas kira kira 3 km dari rumah dan sekalian ke goa seplawan dan kopdar juga hehehe tenang mas siap dengan fasilitas gratis menginap dan hotsepotan hahahaha

    silahkan klik bila tertarik tulisan genthokelir yang berjudul..Di Muaralabuh ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *