17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2011

“Saudara-saudara sekalian ! Saya telah minta saudara hadir di sini, untuk menyaksikan suatu peristiwa maha penting dalam sejarah kita. Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berjuang untuk kemerdekaan tanah air kita. Bahkan telah beratus-ratus tahun. Gelombangnya aksi kita untuk mencapai kemerdekaan kita itu ada naiknya ada turunnya. Tetapi jiwa kita tetap menuju ke arah cita-cita. Juga di dalam jaman Jepang, usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti. Di dalam jaman Jepang ini tampaknya saja kita menyandarkan diri kepada mereka. Tetapi pada hakekatnya, tetap kita menyusun tenaga kita sendiri. Tetap kita percaya pada kekuatan sendiri. Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air kita di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnya. Maka kami, tadi malam telah mengadakan musyawarah dengan pemuka-pemuka rakyat Indonesia dari seluruh Indonesia, permusyawaratan itu seia-sekata berpendapat, bahwa sekaranglah datang saatnya untuk menyatakan kemerdekaan kita.

Saudara-saudara! Dengan ini kami menyatakan kebulatan tekad itu. Dengarkanlah Proklamasi kami:

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta , 17 Agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta

Demikianlah saudara-saudara! Kita sekarang telah merdeka. Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita! Mulai saat ini kita menyusun Negara kita! Negara Merdeka. Negara Republik Indonesia merdeka, kekal, dan abadi. Insya Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu“.

Tulisan ini ditulis pada tanggal 17 Agustus 2009, dipublikasikan ulang pada 17 Agustus 2010 dan 17 Agustus 2011… Selamat Hari Merdeka!!!…

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

102 thoughts on “17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2011

  1. Dirgahayu RI. Indonesia harus jaya selama-lamanya.
    Semoga cepat lahir Soekarno muda, Bung Hatta muda, Syahrir muda, Buya HAMKA muda
    dan Andy MSE muda…:D

  2. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  3. Tahun ini gegap gempita 17 agustusan tenggelam bersama puasa bulan ramadhan. Ditempatku tak ada kegiatan sama sekali, cuma pasang bendera thok..

  4. Merdeka!
    Semoga secepatnya kita dapat merdeka dari segala bentuk penjajahan. Termasuk di dalamnya penjajahan koruptor dan penjajahan moral buruk. Amin..

  5. Emang udah merdeka gitu, ko masih banyak pengangguran..
    Waktu jaman penjajahan semua rakyat pada kerja alias ga nganggur, cuma kerja rodi

  6. ms. andi yg kta peringati 17-8-45 tu bkan kemerdekaan RI, tpi kemerdekaan bangsa Indonesia lihat teks proklamasinya,

  7. Dirgahayu Indonesiaku…
    Damai dan Sejahteralah Indonesiaku… Merdeka! Untuk kini dan selamanya…
    (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ ) (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ ) (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ )

  8. Menurut Saya,Di hari kemerdekaan indonesia yang ke 66 masih banyak yang harus di benahi.tidak saja di bidang politik tetapi yang masih menjadi kekhawatiran kita adalah masih banyak nya pengangguran di indonesia karena minim nya lowongan kerja serta banyak nya penduduk di indonesia membuat semua orang berebutan untuk melamar pekerjaan sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia tidak mencukupi untuk para pelamar pekerjaan,tidak itu saja masih rendah nya tingkat pendidikan memicu tingkat kemiskinan di indonesia,kondisi indonesia saat ini masih tergolong memprihatinkan kerena masih banyak nya warga yang tidak merasakan arti kemerdekaan ydalam arti kata mereka masih belum merasakan kesejahteraan dan keadilan dalam berbagai aspek. dan semoga di tahun-tahun berikut nya indonesia semakin maju dan berkembang menjadi negara yang lebih baik lagi dan semoga apa yang dicita-citakan oleh bangsa indonesia yang terkandung dalam pancasila dapat terlaksana.HIDUP INDONESIA KU HIDUP NEGARA KU,MERDEKA!!

  9. Selama bangsa ini optimis dan saling bahu membahu membangun negara ini, maka kemerdekaan itu akan terasa lebih nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *