Hari Pramuka

Tanggal 14 Agustus, sejak tahun 1961 telah ditetapkan sebagai Hari Pramuka. Jadi, tahun 2010 ini adalah Hari Pramuka ke-49.

Jujur saja, saya sendiri sejak masa sekolah dulu bukan termasuk penggemar Pramuka, –hanya suka acara kemahnya saja–. Namun, karena di sekolah terpaksa diwajibkan mengikuti kegiatan Pramuka, sampai sekarang masih ada beberapa hal dalam kepramukaan yang terpatri dalam otak saya. Salah satunya adalah SALAM PRAMUKA

gambar dari arifudin.wordpress.com

Berikut ini secuil ingatan saya —ditambah beberapa referensi lain— mengenai Salam Pramuka:

Salam Pramuka adalah salam (penghormatan) wajib dilakukan bagi semua anggota Pramuka. Salam adalah suatu perwujudan dari penghargaan seseorang kepada orang lain atau dasar tata susila yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Fungsi Salam Pramuka. Salam untuk melahirkan disiplin, tata tertib yang mewujudkan suatu ikatan jiwa yang kuat ke dalam maupun ke luar, yang hanya dapat dicapai dengan adanya saling menyampaikan penghormatan yang dilakukan secara tertib, sempurna dan penuh keikhlasan.

Cara melakukan Salam Pramuka: Dalam menyampaikan salam, baik yang memakai topi atau tidak, adalah sama yaitu dengan cara melakukan gerakan penghormatan.

Dalam Gerakan Pramuka dikenal 3 macam Salam Pramuka, yaitu :

Salam Biasa, yaitu salam yang diberikan kepada sesama anggota Pramuka.

Dipergunakan apabila seorang pramuka jumpa dengan pramuka lain, untuk pertama kali atau yang terakhir kali pada hari itu. Siapa yang melihat dulu dialah yang harus memberi salam terlebih dahulu tanpa aba-aba, tidak pandang pangkat, tua maupun muda Salam tersebut dapat diberikan sambil berjalan, sedang duduk, naik sepeda ataupun kendaraan (bahkan sambil jongkokpun boleh), tidak harus mengambil posisi berdiri.

Cara memberikan salam adalah dengan mengayunkan tangan kan ke arah pelipis kanan. Kelima jari rapat dan lurus dengan lengan ke bawah. Telapak tangan menghadap ke bawah, ujung jari telunjuk menyentuh pelipis. Lengan kanan atas membuata siku-siku pada ketiak. Siku kita agak ke depan sedikit. Jika tangan kanan membawa tongkat , maka tongkat itu diangkat lurus ke atas kira-kira sepuluh cm. Tangan kiri letakkan merata ke depan dada dengan telapa tangan menghadap bawah dan ujung ibu jari menempel pada tongkat. Jika tangan kanan membawa atau memegang sesuatu, kita boleh hanya kepala saja atau mengucapkan salam ataupun melambaikan tangan kiri.

Salam Hormat, yaitu salam yang diberikan kepada seseorang atau sesuatu yang wajib dihormati, antara lain; bendera kebangsaan ketika dalam upacara, jenasah yang sedang lewat atau akan dimakamkan, kepala negara atau wakilnya, panglima tinggi, para duta besar, para menteri dan pejabat lainnya, serta kepada lagu kebangsaan.

Cara memberikan salam sama dengan salam biasa tetapi badan harus tegak dengan sikap sempurna.

Pada saat lagu kebangsaan dikumandangkan, kalau ikut menyanyi tidak perlu memberi salam. Kalau kebetulan sedang mengerjakan sesuatu , lalu mendengar tanda sang merah putih dikibarkan atau diturunkan, maka dia harus berhenti sebentar dari kesibukannya, segera berdiri tegak di tempat menghadap bendera dan memberi salam hormat mengikuti naik dan turunnya Sang Merah Putih. Tidak perlu mengucapkan salam ketika bertemu jenazah. Juga tidak harus bersikap tegak sempurna setiap kali bertemu orang tua, walaupun mereka sangat kita hormati.

Salam Janji, yaitu salam yang dilakukan ketika ada anggota Pramuka yang sedang dilantik (dalam pengucapan janji yaitu Tri Satya atau Dwi Satya). Begitu mendengarkan ucapan “demi kehormatanku aku berjanji…” maka semua Pramuka yang hadir wajib memberikan Salam Janji secara otomatis walaupun tanpa aba-aba.

Cara memberi salam sama dengan salam hormat. Jika tangan kanan membawa tongkat, maka tongkat itu dipegang tangan kiri dan dimiringkan bagian atasnya ke kiri. Kemudian dengan tangan kanan memberikan salam janji, sesudah selesai kembali memegang tongkat kembali.

Tentu saja kalau mengucap janji kepada kekasih tidaklah perlu se-formal itu, cukup dengan janji gombal semata dan pasang muka romantis…

Sekian, Selamat Hari Pramuka, dan Salam Pramuka!!!…

Tulisan asli pada 14 Agustus 2009 ini dipublikasikan ulang pada 14 Agustus 2010 untuk menyambut Peringatan ke-49 Hari Pramuka.

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

90 thoughts on “Hari Pramuka

  1. salam PRAMUKA….dulu saya menjadi dewan ambalan di klaten, sempat melihat pramuka klaten dipuncak kejayaan,sebelum tergusur oleh HW. dulu waktu masih MAN tiap tanggal 13 malam bulan agustus saya melakukan ulang janji di gedung diknas klaten.
    mbaca ini dadi kelingan jaman MAN….(aku ora SMA)
    .-= fathur´s last blog ..bulan agustus….bulan nasionalisme… =-.

  2. organisasi binaan negara untuk melenakan, dengan visi misinya yang aneh, tabah dan segala tahayul itu, bahkan jiwa muda paling tidak kreatif dan demokratis, orang biasa udah kemping pake tenda safety, eh mereka pake kantong gandum (lmao) .-= suryaden´s last blog ..Selamat jalan Paman Doblang =-.

  3. Wah maaf Pak, aku dulu sekolah Pramuka setahun berangkatnya cuma sekali pas Persami aja. Wong jan Mboseni banget kok, gak ada variasine …
    Tapi tetap SALAM MERDEKA…!!!!!!!!

  4. Jadi ingat sd smp sma, ikut jadi pramuka
    Tadi pas lewat setlah Cirebon ke Bumiayu ada camping anak2 , trenyuh rasanya. Ini saya komen masih di atas kereta taksaka gambir jogja

    Salam pramuka

  5. salam janji………. apa yg pernah atau bahkan sering mengajarkan janjit tersebut pada kenyataan sehari2 mengaplikasikannya atau tidak yah??? ato malah hanya sebagai simbol saja ketika kegiatan itu berlangsung -ketika kegiatan tersebut selesai maka selesai juga dengan janji-janji yang terucap itu- semoga saja tidak….!!!!!!!! karena kalo ia, maka sungguh beratlah dosa itu apalagi mereka-mereka itu (seniornya) (doh) .-= katakataku´s last blog ..Belajar Menerima Perubahan =-.

  6. wah, morse, semaphore, kode rumput, kode batu, dan kode2 lain hanya tinggal kenangan saja pak Andi. juga simpul mati, simpul hidup, simpul sehidup semati (kalo ini ngarang saya :D )

  7. pramuka sma jadi menyebalkan…isinya dibentaki aja :-&
    padahal kan banyak fakta kalo pembina pramuka tuh banyak yg belum menikah, karena sesuai lagu Pramuka:

    “…di sini senang, di sana senang,
    dimana-mana hatiku senang…”

    *senang terus…gak nikah2* (LOL) .-= Pradna´s last blog ..Mengembalikan GRUB =-.

  8. Doh, kelingan jaman pas klas papat SD mbiyen.
    Yo pas hari pramuka ngene iki, melu jambore sak kecamatan (LOL) Lumayan nyenengke, berkesan jg.
    Tp, bar iku yo wes bar. Sampe saiki ra tau kemah meneh (lmao)

  9. salam pramuka,… ak ingin selalu aktif pramuka,.. mskipun ak hrs berjuang mati2an,…

  10. Bersiap menyambut hari Pramuka… yang keberapa cah? Lali aku.. (yang ke-49.. )
    O’ya Sekarang sudah ada madu Pramuka…

    • madu pramuka sudah ada sejak saya SD, cah!
      dulu hanya ada di Gringsing, Batang, Jateng… sampai sekarang Apiari Pramuka masih eksis… top markotop!

  11. Saya dulu aktif ikut kegiatan pramuka, wkt SMP sempat jadi Pratama Puteri dan saat SMA jadi Pradana Puteri.
    Saya sempat ikut Jambore Nasional dan Asia Pasifik Tahun 1981 di Cibubur
    Waktu itu aku msh penggalang…
    Tahun 1986 sempat ikut Jambore Nasional lagi, tp sudah jadi Pembina Pendamping.

    Saya rasa bahwa didikan yg diperoleh dalam kegiatan kepramukaan sangat bagus utk generasi muda Indonesia, terutama sifat berani, bertanggung jawab, dan kesetiakawanan.

    Oleh karena itu, sebaiknya kegiatan pramuka dibangkitkan lagi seperti zaman Soeharto. Bukankah tdk semua yg ada pd era Soeharto itu jelek dan harus ditinggalkan?

    Melalui tempat ini juga, sy ingin mencari teman2 jambore 1981 yg dulu sangat akrab, antara lain Andi Atiek Ervinawati, dkk yang dari Bima, NTB. Kita tukar2an lagu, antara lain Diru2 Nina Wo….., sy msh hapal lagu itu; trus Darmin, dkk yang dari Paniai, Irian Jaya (dulu).
    Bila kita bisa menjalin kembali persaudaraan kita, pasti itu akan sangat membahagiakan.

    Salam pramuka!

    Aida Taridala
    Kendari, Sulawesi Tenggara

    • jamboree nasyonal delapan satuuuu…
      di cibubur kita pramuka bertemuuuu… (dance) *oh ya, nggak ada hubungannya pramuka dengan era soeharto*
      Salam Pramuka!!!…

  12. kemaren ada upacara peringatan hari pramuka di skul…
    Masya Allah,,, pgi”, panas”, puasa”,, d suruh upacara…
    Lempuoh…
    :(

  13. saya paling tersiksa sekali dengan kegiatan pramuka … enggak ada enaknya! itu kata saya dulu (LOL) … panas-panasan, kemping, dikerjain senior tengah malam (nottalking) dan hal lain yang sangat ‘menyiksa’ bagi saya …. sukur kelas dua SMP ada opsi aktif di seni. mending ngeband ajah dech :-D … di SMA saya sama sekali tidak bersentuhan dengan Pramuka! fulltime di seni dan Ngeband (tongue)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *