Mencatat Ide

ilustrasi - gambar dari mesin pencari, dimodifikasi.

Seringkali ide-ide cemerlang didapatkan di waktu sembarang.

Kebiasaan saya dari dulu semenjak masih muda adalah mencatat apapun lintasan pikiran dan ide, baik yang penting maupun tidak penting. Seringkali di waktu mendatang ada gunanya juga. Awalnya catatan-catatan itu menggunakan kertas sembarang yang selanjutnya bisa berjubel di dompet atau di laci meja menunggu waktu sela untuk diolah lebih lanjut. Jaman agak maju, catatan itu ada di komputer, lebih maju lagi catatan itu ada di hape yang lebih ringkas dan bisa melakukan pencatatan di mana saja. Lebih dan lebih maju lagi, catatan-catatan dan olahan aneka catatan itu ada di internet.

Permasalahannya, seringkali lintasan ide cemerlang ter-inspirasi-kan sewaktu nongkrong di wc. Gimana cara mencatatnya seketika itu? Padahal seringkali begitu keluar dari tongkrongan sudah lupa lagi.

Apakah setiap kali ke wc harus bawa potlot untuk mencorat-coret dinding wc, atau sekalian membawa notes kecil, atau membawa gadget mulai dari yg kecil sekelas smartphone, pad, tab, sampai yang besar sekelas notebook??? :-D Repot kan? :-P

Pengalaman sedulur gimana? (thinking)

Butuh solusi cemerlang nih! (bringit)

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

19 thoughts on “Mencatat Ide

  1. pake kertas roll yang biasa buat struk belanja aja, meski agak kecil dan ngirit space tetapi itu bisa ditulisin memanjaaaaaang dan bisa menghasilkan ide panjang loh… tetapi ya kalau terlalu panjang nanti malah masuk wc… :D

  2. saya kok gagal terus yah mas meneruskan ide tersebut menjadi sebuah cerita panjang (tongue) jadi kalau sudah mencatat (atau merekam audio via hape) dan saya “endapkan” sebentar saja, pas di “buka” untuk dikembangkan lebih lanjut kok “feel” nya udah hilang (doh)

  3. Sama pak.. waktu boker itu saat banyak ide yang muncul.. mungkin karena kekuatan ngeden yang bikin otak kita bekerja hebat ya.. *halah*

  4. sering banget punya ide bagus.. tapi habis itu lupa.. begitu juga ketika ngeblog. udah punya cerita mau nulis apa,, tapi habis itu hilang..

  5. Saya dapat idenya malah pas mau tidur, langsung saja saya tulis ide2 itu.. dan akhirnya tidurpun jadi lebih kemaleman..
    Sepertinya kita memiliki problem yang sama nih, hihi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *