Kekurangan Ide

Akhir2 ini saya banyak bertemu dengan blogger2 pemula, penulis pemula, bocah2 SMA yang pengin nulis…Ada keluhan yang sama. Susah untuk menulis, tidak punya ide, kehilangan ide, kekurangan ide, ada juga yang sudah nulis tapi macet di tengah. Saya tidak bisa memberikan sesuatu advis pun kepada mereka. Saya pikir, lebih baik berguru saja pada penulis “Menulis Tanpa Berguru“…

ide

Bagi saya, justru saya kekurangan waktu untuk menulis, bukan kekurangan ide. Jelas saja, cukup banyak yang harus saya pikirkan karena saya punya cita-cita, punya keluarga, punya tanggungan macam-macam, bukan hanya nge-blog saja.

Soal ide, banyak hal bisa saya jadikan tulisan. Namun tentunya tulisan saya kebanyakan sederhana saja. Saya tidak suka menulis yang rumit-rumit, yang membutuhkan pemikiran yang mendalam. Itulah sebabnya saya memilih blog sebagai media penyaluran hasrat menulis. Di sini saya bisa menulis apa saja sekehendak saya tanpa melewati prosedur berbelit-belit. Tidak perlu menunggu persetujuan dewan redaksi, karena redakturnya saya sendiri.

Sesekali saya menulis juga tentang hal-hal serius yang membutuhkan pemikiran, hal teknis yang membutuhkan eksplorasi dan eksperimen, juga menulis sesuatu yang membutuhkan kesabaran untuk membuat skrinsut-skrinsut yang menyebalkan. Namun tetap lebih banyak menulis hal yang ringan, yang lucu, bahkan nggak mutu. Sebatas pengetahuan dan andymse.blogspot.com” target=”_blank”>sependek pengalaman yang saya jalani, rasanya melegakan bila saya sudah menuliskannya. Rasanya tidak perlu membuat tulisan yang seolah-olah hebat supaya orang lain kagum. Menulis hal biasapun, bisa jadi bermanfaat untuk orang lain.

Yeach… setiap orang punya gaya sendiri-sendiri, punya ciri sendiri. Ada yang pandai bicara, ada yang lebih suka mendengarkan saja. Ada yang gampang menulis, ada pula yang susah menorehkan tinta atau memencet tombol-tombol keyboard. Yang suka menulis pun ada yang suka serius, ada yang suka guyon, ada yang suka mengkritik, ada yang suka hal teknis, dan lain-lain… Semua mempunyai keahlian dan kegemaran sendiri-sendiri. Tidak ada yang lebih unggul. Yang paling baik adalah menjadi diri sendiri… Tulis saja apa yang kau tahu dan kau mau!!!… Gampang kan???

———

Berikut sebagian dari tips and trik menulis dari “Menulis Tanpa Berguru“:

Walaupun saya tidak belajar menulis dari situ, tapi tetap saya saya mengucapkan terimakasih kepada penulis “Menulis Tanpa Berguru” yang telah rela hati menuliskannya dan berbagi kepada sesama.

..::tulisan ini juga ungkapan rasa sebal karena terlalu sering diminta bantuan membuatkan blog tetapi selanjutnya jarang update::..

..::gambar dari: http://www.sustainability.jhu.edu::..

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

51 thoughts on “Kekurangan Ide

    • wang sinawang… seringkali rumput tetangga kelihatan lebih hijau, sedangkan kita malas memupuk dan menyiram tanaman di halaman kita sendiri…

  1. Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, Ia akan hilang di dalam masyarakat & dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian (Pramoedya Ananta Toer)

    Jadi sebenernya inti menulis blog saia pribadi adalah merekam sejarah saia sendiri, yang pasti berguna untuk saia sendiri. Perihal itu akan berimbas buat orang lain, hanya efek samping. Jadi biarkanlah saia menulis hehehe…

    • eh ya dhod, rumah barunya udah diisi?

      (ini tipe yg males nulis…males juga maen ke blog yg dimaksud,malah nanya disini (doh) )
      .-= Pradna´s last blog ..Shinobi =-.

      • ebuset ini kenapa jadi berantai gini yak…. seru kamerad! hahaha…

        Rumahnya belum diisi, mesti berguru dulu sama yang jago-jago web biar desainnya gak `jatoh` justru pas udah punya domain sendiri (ini tipe apa ya prad?) hihihi….

  2. bener banget tuh, saya sangat setuju, menjadi diri sendiri yang penting, hal ini juga pernah saya alami waktu awal-awal buat blog, kadang rajin nulis kadang juga bolong… tapi paling tidak 1 bulan ada 1 postingan, masak dalam 1 bulan ga ada ide sekalipun yang mampir (tongue) ? yach yang penting tulis aja apa yang dipikirkan, dilihat, dirasa, didengar, dialami, dan berbagi ilmu yang dimiliki. (kok dadi curhat yo…) (LOL) .-= masiqbal´s last blog ..Mengembalikan GRUB bootloader yang hilang pada Ubuntu Linux =-.

    • betul… bagi saya, ngeblog itu bagai cowok yang sedang pacaran atau ibu muda yang menyamut suaminya pulang kerja… begitu ketemu langsung banyak cerita… seringkali menyebalkan, namun melegakan…

  3. Aku setuju karo ulasane Mas Andy…
    Daripada disimpen dadi kukul, aluwung ditulis, meskipun nggak mutu.
    Apalagi kita sebagai makhluk yang paling sempurna dibanding makhluk lain.
    Pitik sing rak bisa nglangi gak pernah minder pada bebek
    Bebek sing mlakune megal megol gak pernah minder pada MAKIBAO
    Makibao sing kudanan kepanasen gak minder pada Angkot
    Aku sing yahono yahene nganggo bajakan, blas rak minder karo FEDORA…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Lelaki Paling Syur =-.

    • ngestoaken dhawuh pak begawan… sebetulnya maksud tujuan penayangan angka itu juga untuk pamer-pameran saya kok, biar ketara kalau pengunjungnya banyak (LOL)

      • Jan rak paham iki…
        Ongko mburine kan ora nuduhke nek pengunjunge akeh, tapi nuduhke sesering apa org itu comment di sini.
        Jumlah pengunjung kan terdeteksi dari deretan ke bawahnya to Mas Andy…
        misale megawati(435) kan ora menunjukkan akehe uwong.
        Nek ben ketok akeh wonge ya ojo top 39 tapi top 100
        Maape nek aku bener…
        .-= marsudiyanto´s last blog ..Men Santai In Corpore Sehat =-.

  4. wah.. keren ki.. iya pak saya kadang kekurangan ide untuk ngeblog? tapi yang jelas ada bahan tapi masih bingung cara penulisannya dan dimulai dari mana? tips tips nya mawon pak..

    suwun sampun ngelink blog q..
    .-= jidat´s last blog ..Lintas alam (mohon doa restu) =-.

  5. “Menulis dengan hati…” kata Ndoro Kakung-e

    kl saya sih, dengan tangan :P *ampyun, Ndoro!*

    betul,betul…
    kurang waktu, jadi pending posting makin numpuk
    yg harusnya di posting malah dipending buwat bikin puisi karna kelaparan (rofl) .-= Pradna´s last blog ..Shinobi =-.

  6. Pernah ikut pelatihan di Gramedia ~ Kompas kalau kekurangan ide menulis sebaiknya gunakan MIND MAPING jadi kita memetakkan segala sesuatu yang terlintas di kepala . . misal melihat Laptop maka dibuat panah beberapa penjuru : CSS – Design – Hack – Plurk – Facebook – Jualan sebanyak mungkin maka dari situ akan keluar beberapa postingan
    .-= ajengkol´s last blog ..In this life I was loved by you =-.

  7. menurutku mas andi ini kebangeten kalau dibilang kekurangan ide. bohong besar. justru kata-kata ini hanya dirasakan oleh orang yang kebanyakan ide.
    Pokoknya mas andy selalu banyak ide. sumpah dech.
    misalnya: betapa genitnya mas andy bermain-main favicon website ini. sebel deh. berkali-kali saya ketipu..
    .-= novi´s last blog ..Madura Tak Butuh Jembatan =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *