Nyabun Lagi…

cuci-tangan-bukan-nyabunTulisan ini tidak akan membahas soal sabun-menyabun yang acapkali dilakukan cowok remaja yang ~maaf~ suka download video begituan. Juga bukan ikut-ikutan kampanye CTPS ~cuci tangan pakai sabun~… Sebuah komentar dari Mas Santri ditambah satu lagi dari Mas Pradna Mint mengingatkan saya pada sinetron Cinta Fitri yang akhir-akhir ini sedang nyabun.

Lunyu, begitulah ungkapan dalam bahasa Jawa karena ceritanya berpusar-pusar nggak keruwan juntrungnya, padahal untuk menuju ke endingnya sebetulnya bisa saja dilakukan dengan sangat sederhana tapi tetap menarik. Dalam bahasa Indonesia, artinya licin, selicin sabun. Mungkin saja itu kelakuan sutradara dan penulis skenario beserta kru lainnya. Biasalah, mereka kan berkepentingan untuk memperpanjang masa aman kepulan periuk di dapurnya. Bisa juga itu kelakuan para punggawa yang ada di belakang penyiaran televisi karena mengejar setoran dari iklan yang mengikuti acara yang banyak digemari.

cinta-fitri-season-3

Sering saya hanya tertawa geli sendiri saat melihat kakak perempuan saya, adik perempuan saya, ipar-ipar perempuan, juga ibunya Nanin yang hampir setiap malam saat jam sinetron ditayangkan geram, bahkan sampai berteriak-teriak, namun akhirnya bosan karena… Ya itulah, nyabun lagi! Tadinya saya mengira itu hanya menimpa para ibu-ibu di keluarga besar saya. Ternyata juga menimpa ibu-ibu di banyak daerah, di banyak kota… Tadinya saya mengira itu hanya sinetron Cinta Fitri saja, ternyata juga sinetron-sinetron lain, di banyak stasiun televisi. Begitu rating sudah tinggi, mulailah rame-rame nyabun lagi

Karena ke-lunyu-annya itu, pantas saja cerita-cerita semacam itu disebut Opera Sabun.

Kembali ke komentar Mas Santri aka Ciwir dan Mas Pradra Mint tadi, rupanya di dunia perpolitikan juga tak jauh beda dengan sinetron. Seringkali ada kasus mencuat, kadang selesai, kadang tak karuan juntrungnya dan hilang ditelan waktu tertutupi dengan kasus lain yang lebih menarik perhatian khalayak. Ada pula kasus yang berlarut-larut tak selesai seolah tak ada niat untuk menyelesaikannya walaupun tetap saja menjadi perhatian masyarakat. Ada yang selesai karena tersangkanya lari ke luar negeri, ada yang karena ybs mengundurkan diri, ada pula yang cuek saja tak peduli tangisan kehilangan rumah karena diambil alih lumpur yang membanjir dari dalam bumi.  Ada lagi cicak dan buaya yang belum selesai pertarungannya yang tak henti-henti dibicarakan berbagai kalangan (bahkan ada anakan buaya tengil yang  merasa tak butuh ~dan sesumbar akan menelan si cicak hidup-hidup~). Yeach… nyabun lagi!

Saya bertanya-tanya, “Apakah yang rame dibicarakan dalam obrolan sore ini termasuk penyakit dasar seperti kata Mas Santri??? Dan, masih adakah yang peduli???”… (thinking)

*Komentar di tulisan ini sebaiknya yang lucu-lucu saja, buat penghiburan diri! Jangan terlalu serius dan bikin kerut dahi! Saya mohon ijin, mau cuci tangan dulu!!! xixixi

..::gambar cuci tangan dari: http://mediaphbs.wordpress.com,
gambar cinta fitri dari: http://orangefloat.wordpress.com::..

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

76 thoughts on “Nyabun Lagi…

  1. maka dari itu saya tidak suka cinta fitri di SCTV

    saya lebih suka sinetron baru di SCTV yang judule BCL (Bayu Cinta Luna)

    coba deh kang,kalau ada waktu sampean lihat sinetron tersebut :mrgreen:

  2. soap opera (opera sabun), kalau di indonesia disebut sinetron. entah kenapa dinamakan demikian. padahal lebih bagus pakai opera sabun, karena ya kualitasnya (akting, tema, musik, plot, dan kadang pemainnnya) ya gitu2 deh… LOL

  3. Sabun Cuci Sabun Deterjen
    Mas Andy Memang Keren
    (iki nggo sing nduwe blog)

    Sabun Mandi Sabun Wangi…
    Mas Andy memang Asoi…
    (iki nggo sing nduwe blog maneh)

    Sabun Colek Sabun Bebek
    Sing Betah Melek Bakal Entuk Cewek (Tuwek)
    (iki nggo Om Khairuddin)

    Sabun Cuci Sabun Dulit
    Pak Marsudi Nyuwun Pamit
    (iki wekku dewe)
    .-= sedulur marsudiyanto menampilkan tulisan..Bekal Modal Minimal =-.

    • @nahdhi, brarti njaluke diinstall dhewe… jgn pake wubi dech, mendingan dualboot model biasa wae di partisi tersendiri.. lebih aman!

  4. senentron kita banyak gak bermutu kang jadi males nonton.., lebih suka baca blog.. ya seperti baca blog ini menarik dan memang betul semuanya he he..
    .-= sedulur melq menampilkan tulisan..Semangat Ngeblog =-.

  5. Hehehe… bisa aja mas andy … Iya yah, politisi kita itu kl di pikir2 “as bad as” artis sinetron kejar tayang. Buruk sekali aktingnya. Ky “air mata buaya” kemarin, hahaha….. (lmao) (lol)

  6. cintra fitri! itu sinetron membosankan yg, entah kenapa, banyak sekali ditonton! ha3. semua anggota keluarga saya yg perempuan aktif menontonnya!
    .-= sedulur haris menampilkan tulisan..Makan dan Makam =-.

    • @haris, bagus di awalnya, begitu rame dikit langsung nyabun dech!
      cerita yang harusnya bisa selesai dalam 10 episode diulur-ulur sampai seratusan episode bahkan lebih!

  7. saya malah g pernah nongton,n indak tau sama sekali nama artis2 ntuh */me KUPER* wkakakakkaka di detik jarang nongol sech ingfo artis maen BlankOn :P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *