Posyandu Lansia

Bila sedulur mendengar kata “POSYANDU”, biasanya langsung terbayang anak-anak balita, timbang badan, pembagian susu dan kacangijo, imunisasi, dan lain-lain yang berkaitan dengan anak-anak. Namun di Limbangan, Kendal ada Posyandu lain, yaitu Posyandu Lansia (Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia).

Posyandu yang diprakarsai oleh Sekolah Rakyat bersama PKK dan Perangkat Desa Limbangan ini didukung penuh oleh Puskesmas Kecamatan Limbangan, Kendal. Posyandu Lansia pada dasarnya sama seperti Posyandu untuk balita, yaitu memberikan pelayanan kesehatan secara rutin di tempat penerima layanan . Tentu saja ini merupakan langkah yang sangat strategis, karena seperti halnya balita, para lansia juga mempunyai masalah-masalah kesehatan yang khas. Dengan adanya Posyandu Lansia, diharapkan para lansia dapat melakukan pemantauan kesehatan secara rutin, dan tidak perlu menunggu sampai mendapatkan masalah kesehatan baru datang ke Puskesmas.

Baru-baru ini, Kelompok Posyandu Lansia Desa Limbangan, Kendal mengadakan acara “jalan-jalan ke tempat wisata“. Diharapkan, dengan acara ini dapat mempererat silaturahmi, juga meningkatkan motivasi para lansia untuk mengikuti Posyandu Lansia.

Para sedulur sekalian, bila sudah tua nanti, mau nggak ikut Posyandu Lansia???

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

44 thoughts on “Posyandu Lansia

  1. Wa..salut buat Sekolah Rakyat uda sediakan pos layanan kesehatan seperti saia yang masih BALITA (BAwah LIma puluh TAhun)
    *nggelundung menjawuh pergi kursus masak*

  2. di lingkungan RT saya Posyandu Lansia sudah berjalan hampir 3 tahun, Mas. Dan kegiatan ini ternyata besar banget manpangatnya untuk warga kami. Kebetulan beberapa warga ada beberapa dokter yang dengan sukarela menjadi sukarelawan untuk kegiatan ini yang rutin sebulan sekali. Jadi ada pemeriksaan rutin standar kesehatan juga cek darah untuk kadar gula & kolesterol. Keren kan RT ku ?

    silahkan klik bila tertarik tulisan ayik yang berjudul..Mainan baru Aizs

  3. Walah, ada juga toh Posyandu Lansia.
    Kreatif juga, kayaknya pantas ditiru tuh.
    Btw, sedulur artinya apa pak???Maklum, bukan wong Jowo(logat Project Pop – Bukan Superstar)

    silahkan klik bila tertarik tulisan Adi yang berjudul..Hikayat Cintaku

  4. yang digolongkan lansia itu umur berapa ya mas ? soalnya di foto itu priyayinya masih tampak belum sepuh bener

    kalau di sini usia 80 -90 , itupun mereka banyak yang masih suka pit-pitan :)

    btw, kegiatannya bagus banget ya, salut :)

    silahkan klik bila tertarik tulisan Elys Welt yang berjudul..Pemerkosa Brutal Itu …..

  5. wah…bagus banget tuh mas, siapapun butuh teman sebaya..seusia. termasuk lansia. sayang yah…jauh dengan tempat tinggal nenek ku…kalo’ deket, tak anterin tuh mas… biar nenek punya banyak temen dan bisa curhat n cit cat…hehehe…

    silahkan klik bila tertarik tulisan hesra yang berjudul..Mari Berkhayal;

  6. wah..wah..wah…hebat hebat hebat….. aku sudah kategori lansia belum beh…
    lumayan kalau masuk kategori ortu… mungkin ikutan juga dapet bagi bagi kacang ijonya iya…seperti waktu kecil dulu…. cuma kalau sudah tua..bagi-baginya jangan kacang ijo dan susu…. cukup Rp. 100.000 per penyelenggaraan Posyandu…pastri sregep datengnya…

  7. Posyandu untuk balita memang sudah banyak, Posyandu lansia ini luar biasa, Jangan hanya ngopeni yang balita, yang lansiapun harus diopeni. Bagi yang kaya mungkin tidak masalah, tapi penduduk Indonesia tidaklah kaya semua, bahkan mayoritas menengah kebawah. Mungkin tiap desa perlu diadakan posyandu lansia dan perlu dijadikan gerakan nasional seperti posyandunya balita.

  8. Cocok mas …itu juga gaweanku sehari hari…tapi saya sejujurnya pilih membina PAUD ( pendidikan Anak Usia Dini ),lebih gampang diajari…dari pada membina PAUL (Pendidikan Anak Usia Lanjut )…he..he… di kota jogja ada 456 kelompok lansia, yang terdaftar sebagai landia ada 30 ribuan…hah…?? kok Tuwek kabeh ??

  9. Mungkin fasilitas dari posyandu ini bisa diberikan lebih bagus lagi mas karena klo masyarakat yg tidak mampu pasti larinya ke posyandu bukanya kerumah sakit

  10. di komplek perumahan saya ga posyandu lansia. lha posyandu balita aja ga laku. Maklum pada gengsi soalnya posyandu identik orang miskin dan anak kurang gizi hikss…

  11. sebenernya perlu digalakkan juga adanya posyandu lansia ini kerna ya seperti yang sampeyan bilang klo para orang yang sudah lanjut usia punya kebutuhan yang mirip2 kayak bayi yang kudu dipantau dan diperhatikan kesehatannya. apalagi klo pake acara ngumpul2, mereka bisa nambah temen dan bisa ngerasa klo idupnya masih berarti buat orang lain ya kan, pak? *kaaannnnn* hehehe…

    silahkan klik bila tertarik tulisan Caroline yang berjudul..Faith and Endurance

  12. Pos Pelayanan bagi yang Lanjut Usia. itu baru bener beh..
    nek, pos pelayanan lanjut usia berarti pos pelayanan-nya yang sudah lanjut usia…

    silahkan klik bila tertarik tulisan ciwir yang berjudul..Kena Musibah

  13. baru denger ada posyandu untuk lansia. di lingkungan saya pasti nggak ada yang datang, lha wong isinya keluarga muda.
    lebih mudah ngurus balita apa lansia pak?

    silahkan klik bila tertarik tulisan endar yang berjudul..Upgrade to Ubuntu 8.10

  14. Ndak senang pertamax karena mahal. Senang komentar di akhir2, biar kesannya ndak habis2…
    Rupanya kurva normal benar adanya, bahwa sesuatu bergerak dari nol, lalu mencapai kulminasi dan kembali ke nol lagi. Demikian pula pelayanan. Melayani balita, sama pentingnya dengan melayani lansia…
    Mas Andy masuk balita apa lansia?

    silahkan klik bila tertarik tulisan marsudiyanto yang berjudul..Rank Dua Puluh Tiga

  15. saya ketua Orsos wira satya yang melaksanakan kegiatan usaha pelayanan sosial bagi lansia, kami juga melaksanakan kegiatan posyandu setiap bulan (dua kali). saya ingin masukan dan informasi, tips tentang pelaksanaan posyandu lansia agar berjalan seperti yang diharapkan. terima kasih atas kerjasamanya.
    Orsos Wira Satya Sumatera Utara.
    Sekretaiat/kantor : Jln. Cendana No 233 Blok XIIV Perumnas Helvetia Medan – Sumut Tlp. 06177775790, Hp. 081375919444 (agung)

  16. baru denger ada posyandu lansia. pasti bermanfaat lagi terutama buat pemeriksaan kesehatan dan ajang kumpul2 (ada acara jalan2 lagi). kalo saya lansia nanti kayaknya bakalan nongkrong di posyandu deh *ngebayangin posyandu lansia 30 th mendatang*

    silahkan klik bila tertarik tulisan nita-BLOGGERNITA yang berjudul..GENDER SEBUAH TULISAN

  17. Inilah salah satu contoh pemberdayaan…… Lam kenal sebelumnya mas…didaerahku jg dah lama digalakkan posyandu lansia, bahkan selain kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, juga diadakan kegiatan2 yang bermanfaat, misalnya disediakan “perpustakaan” mini di setiap posyandu lansia, kegiatan keterampilan yang produktif dll.

    Tanpa mereka kita g ada, dan kitapun mungkin akan menjadi seperti mereka.

    Hidup Lansia!!!

    silahkan klik bila tertarik tulisan Nyante Aza Lae yang berjudul..PR dari Bung IFOELL

  18. di tempat saya setiap kamis pertama ada posbindu pos pelayanan terpadu melayani usia dari 25 th sampai yang tertua 70 th saat ini anggota nya sudah berjumlah 150 orang .setiap bulan ada pemeriksaan tensi dan gula darah ,semua nya gratis ada juga makanan tambahan.mohon doa nya biar posbindu saya terus eksis para kader nya selalu diberikan kesehatan ..saya ingin meningkatkan kegiatan anggota dengan keterampilan .mohon saran nya .wasalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *