Qurban

Menurut saya, esensi dari qurban atau berkorban adalah solidaritas sosial atau kepedulian terhadap sesama. Menurut saya lagi, menyembelih hewan pada hari-hari Tasyrik adalah simbol semata, sebagaimana Nabi Ibrahim yang mengorbankan anaknya Ismail. Qurban, selain merupakan wujud dari kepedulian terhadap sesama, juga ujian ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Keikhlasan adalah kunci utama agar qurban dapat diterima oleh Yang Maha Tahu. Jadi, suatu keharusan bahwa simbol yang dilaksanakan sekali dalam setahun ini diterapkan tanpa putus di hari-hari lain sepanjang tahun.

Bagaimanakah qurban menurut sedulur sekalian???

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

13 thoughts on “Qurban

  1. Qurban adalah contoh pengorbanan Nabi Ibrahim atas putranya, yakni Nabi Ismail. Beliau saja rela mengorbankan anaknya ( meskipun ga jadi dan digantikan Kambing oleh Allah ), masa kita ga mau menyisihkan sebagian harta untuk beli kambing ? ( nyambung ga ya sama postingan ? )

    bapak sdh berkorban ? :D
    Panda´s last blog post..Haji dan Amanah Sosial

  2. Benar mas Andy, yang sampai kepadaNya bukan darah, daging atau bulu hewan qurban itu, melainkan keikhlasan dan keimanan kita padaNya.
    Terimakasih sharingnya ya mas

    Erik´s last blog post..Indahnya Berbagi

  3. Selamat Iedul Adha 1429H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin … mas Andy dan semua rekan di sini, mampir rumah saya ayo, ini ada soto banjar bikinan istri saya sendiri.

  4. berkorban itu seperti saat nabi Ibrahim menyerahkan anak satu2nya yang ud lama dinanti2kan untuk dikurbankan. berkurban itu kadang menyakitkan karna kita harus memberikan yang terbaik dari hidup kita, klo kita cuman memberikan hal yang ga kita suka itu sih kayak buang sampah… :) tapi semua itu kudu dilandasi dengan keikhlasan…

    berbagi itu selalu indah, mas!

    caroline´s last blog post..Memberi

  5. Qurban adalah bentuk pengorbanan tanpa pamrih.
    Berqurban adalah mengerjakan semua pekerjaan dengan penuh ikhlas dan hanya mengharapkan Ridho Allah semata…. keikhlasan kita dalam melakukan sesuatu hal… apapun bentuknya…. tidak ada pamrih didalamnya….
    Berqurban di hari raya Idul Adha adalah salah bantuk ibadah kita kepada Allah untuk berbagi kepada sesama.

    afrianti takaful´s last blog post..Bedanya Asuransi Murni Proteksi dengan Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *