Rantai

Sebuah rantai adalah serangkaian tautan yang terhubung. Sebuah rantai dapat terdiri dari dua atau lebih tautan. Secara fisik, sebuah rantai biasanya terbuat dari logam, bisa juga dibuat dari material lain tergantung kebutuhan.

Rantai bisa dibuat dari satu model tautan, bisa juga dibuat dari dua (atau lebih) model tautan sesuai dengan tujuan penggunaannya, contohnya adalah rantai sepeda motor yang terdiri dari dua model tautan.

Tujuan pembuatannya pun bermacam-macam, di antaranya untuk mengangkat, menautkan secara fleksibel, pengaman, juga bisa untuk hiasan semata. Model seperti ini biasanya dibuat dari satu model tautan saja. Contohnya adalah rantai untuk kerekan, kunci sepeda, rantai antar gerbong kereta atau rantai pada gandengan kendaraan, gelang rantai perhiasan, dan lain sebagainya.

Model rantai yang lain bisa juga digunakan untuk memindahkan daya, biasanya dibuat dari dua model tautan, misalnya rantai sepeda, rantai sepeda motor, rantai pada mesin-mesin, dan lain sebagainya. Rantai seperti ini biasa disebut rantai rol (roller chain).

Ada juga rantai yang digunakan sebagai roda kendaraan yang yang digunakan untuk bergerak di medan yang sulit, misalnya roda tank, bulldozer, dan lain sebagainya.

Dari kata rantai, bisa juga digabungkan dengan kata lain yang akan mempunyai arti yang berbeda (tidak musti secara fisik), misalnya rantai makanan, rantai suplai, rantai sepeda, rantai dan gembok, mata rantai, kaidah rantai, reaksi berantai, pembunuhan berantai, rantai karbon, roda rantai, gergaji rantai, pompa rantai…

Rantai apalagi ya? Sedulur suka dirantai??? (thinking)

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

38 thoughts on “Rantai

  1. hehehehe (lmao) ada apa dengan rantai? … korpusi berantai belum disebut tuh … (tongue) … kasian si makibao … yah dari pada ilang nanti nyesek lagi (nyengir) harusnya dirantai di phon mas, sekarang mah maling nekat, ada yang ngebopong motor kayak di daerah saya belum lama ini.

    ngemeng-ngemeng tumben nich siang hari …
    .-= sedulur gadgetboi menampilkan tulisan..Ubunchu 04 release! =-.

  2. lambang dari Pancasila Sila kedua adalah rantai, padahal rantai kan fungsinya untuk membelenggu.. (koyok neng gambar kae), brarti orang Indonesia ini harus dibelenggu ya…?

    *cuman bertanya, kalo salah ya disalahkan, kalo benar silahkan donasi ke paypal saia* (lmao) .-= sedulur gajah_pesing menampilkan tulisan..POWER TO WEBSITES =-.

  3. Walah… Koq Makibao dirantai seperti itu? Sebelahnya siapa tuch namanya?

    Heran, lambang rantai yang ada di Pancasila,yang berarti Persatuan Indonesia, kini semakin kurang bermakna lagi. Apalagi kalo lihat berita2 di TV tentang tawuran antar pelajar, antar desa, dll. (nottalking) Sekarang Pancasila hanya sebagai simbol saja. Bukan sebagai Dasar negara kita.
    .-= sedulur Next Jimbun Punya menampilkan tulisan..Setting Wvdial pada Kubuntu =-.

  4. Pak Andy Yth,
    Mbok aku diajari carane ngatasi blogku.
    Tiap aku komentar ning nggone sedulur2, kok judul postingan terakhirku ora kedeteksi commentluv kuwi masalahe opo?
    Selalu error.
    Muncul tulisan “bad juju just happened, click the red arrow here –>”

    • itu, Pak Dhe..
      saya pernah ngalami, ternyata lg di banned sama Coment Luv

      trus ke situsnya Coment Luv buat unbanned situs kita yg dibanned CommentLuv (kasus saya, ya Pojok Pradna ini)

      demikian,
      semoga membantu
      .-= sedulur Pradna menampilkan tulisan..Andai Aku Tak Terlahir =-.

  5. komentar berantai… (komentar yg dirantai Aki Ismet)

    kok ya tanya nya, “mau kah Anda dirantai?”

    Njenengan ternyata suka “yang ekstrim2 seperti itu”, to Pak Dhe? (ninja) .-= sedulur Pradna menampilkan tulisan..Komputer di Rumah Kayu =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>