Rantai

Sebuah rantai adalah serangkaian tautan yang terhubung. Sebuah rantai dapat terdiri dari dua atau lebih tautan. Secara fisik, sebuah rantai biasanya terbuat dari logam, bisa juga dibuat dari material lain tergantung kebutuhan.

Rantai bisa dibuat dari satu model tautan, bisa juga dibuat dari dua (atau lebih) model tautan sesuai dengan tujuan penggunaannya, contohnya adalah rantai sepeda motor yang terdiri dari dua model tautan.

Tujuan pembuatannya pun bermacam-macam, di antaranya untuk mengangkat, menautkan secara fleksibel, pengaman, juga bisa untuk hiasan semata. Model seperti ini biasanya dibuat dari satu model tautan saja. Contohnya adalah rantai untuk kerekan, kunci sepeda, rantai antar gerbong kereta atau rantai pada gandengan kendaraan, gelang rantai perhiasan, dan lain sebagainya.

Model rantai yang lain bisa juga digunakan untuk memindahkan daya, biasanya dibuat dari dua model tautan, misalnya rantai sepeda, rantai sepeda motor, rantai pada mesin-mesin, dan lain sebagainya. Rantai seperti ini biasa disebut rantai rol (roller chain).

Ada juga rantai yang digunakan sebagai roda kendaraan yang yang digunakan untuk bergerak di medan yang sulit, misalnya roda tank, bulldozer, dan lain sebagainya.

Dari kata rantai, bisa juga digabungkan dengan kata lain yang akan mempunyai arti yang berbeda (tidak musti secara fisik), misalnya rantai makanan, rantai suplai, rantai sepeda, rantai dan gembok, mata rantai, kaidah rantai, reaksi berantai, pembunuhan berantai, rantai karbon, roda rantai, gergaji rantai, pompa rantai…

Rantai apalagi ya? Sedulur suka dirantai??? (thinking)

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts


Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/andymse/andy.web.id/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1273