Sarung Kyai

Annual Report: Petuah Akhir Tahun

Ini bukan petuah saya, melainkan petuah yang saya dapatkan dari Pak Kyai Zakaria, Pimpinan Pondok Pesantren Al Mubarok, Pekalongan.

Pada waktu Training Membangun Website di Ponpes Al Mubarok Pekalongan, yang baru lalu, saya berkesempatan berbincang-bincang lebih dekat dengan Pak Kyai Zakaria. Beliau orangnya masih muda,kira-kira seumuran saya. Berpandangan maju, namun berpegang teguh pada tradisi kuat kepesantrenan. Banyak petuah-petuah yang tersurat maupun tersirat yang disampaikan kepada saya. Salah satunya yang bagi saya paling istimewa adalah ketakziman terhadap ilmu. Maksud takzim kepada ilmu adalah menghargai, menghormati, berusaha mencerna, memahami, mengerti, menghayati dan siap mengamalkan, apapun ilmu yang disampaikan tanpa memandang siapa yang menyampaikan. Ibaratnya, mendengar seribu kali sama takzimnya, bagaikan mendengar pertama kali. Petuah ini sungguh memotivasi saya untuk selalu belajar banyak hal. Juga selalu mengingatkan bahwa saya masih sering sok tahu, sok pinter, malu belajar pada orang yang saya anggap yunior atau kepada orang yang saya anggap tidak lebih pintar dari saya, dan lain sebagainya.

zakaria

Di akhir Training Membangun Website itu, saya mendapat hadiah istimewa dari Pak Kyai Zakaria, sebuah kain sarung tenun samarinda berwarna hijau. Mungkin Pak Kyai sudah meraba sebagian sisi-sisi kehidupan saya. Ndilalah pas sekali, sarung yang diberikan itu bertuliskan “Sakinah”… Ini akan selalu mengingatkan saya untuk selalu rajin beribadah, dan teguh menjaga kehidupan rumah tangga saya yang pernah tergoncang.

sarungkyai

Terimakasih pak Kyai!…

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

12 thoughts on “Sarung Kyai

  1. hadiah yang pas….amanah pak kyai…harus dijalankan lho mas andy..
    Wah…Pesantren pun harus ikuti zaman ya…harus tahu kemajuan….
    Btw…kok sepertinya pak Kyai masih muda ya…?…apapun semua petuahnya insya Allah mengajak kebaikan…bukan Kyai jarkoni to ??…he..he..

    dyah suminar´s last blog post..80 tahun sudah…….

  2. besuk kaluk main ke pak kyai lagi, pasti dapat sarung yg mereknya “mawadah”..tahun berikutnya “wa rohmah”…amiin…hanya “pernah” terguncang ndak papa mas, skarang udah stabil dan mantap to?…urip mung mampir ngombe…alias dilit…apa yang kita cari? halah..
    oya, wingi aku dolan ke rumah ayik mas!

    ernut´s last blog post..Happy Happy New Year!!

  3. Sebenarnya Petuah Kyai itu sama dengan petuah saya kepada anda kan beh….hanya karena saya teman sehingga anda tidak begitu ngalba, iya toh. he he he…
    Beh
    Suk tanggal 3 jarene meh temuan LSPD di Semarang. Kata Mas Rofi

    Jahid Klw´s last blog post..PRAMUGARI MAYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *