Seruni

Bunga seruni, krisan, atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman Kapur.
Bunga seruni adalah bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum.
Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai kikuka.

Wikipedia Indonesia

Dalam perjalanan saya berkeliling -dan lagi-lagi sampai ke Kendal melewati Gunung Ungaran-, saya menjumpai beberapa plantation yang khusus membudidayakan seruni. Karena yang dibudidayakan adalah varitas asli dari wilayah beriklim subtropis, yang pada musim panas waktu siangnya lebih panjang daripada waktu malam hari, plantation-plantation seruni itu pun pada malam hari terang benderang oleh cahaya lampu sebagai pengganti cahaya matahari yang dibutuhkan seruni untuk berkembang dengan baik, menyesuaikan dengan panjangnya waktu siang di tempat asalnya.

Sesekali saya lewat pada siang hari, tak terlewatkan kesempatan untuk mengambil gambarnya. Indah bukan???

Dulu, pada waktu saya masih kecil, bila sariawan, ibu saya sering memberi minuman seruni yang dibuat dari butiran kristal berwarna coklat susu. Sekarang pun, saya memberikannya kepada anak-anak bila menderita sariawan. Harganya murah, mudah dicari di apotek-apotek dan toko obat, dan kebetulan cocok dan manjur untuk mengatasi sariawan keluarga. Ada yang pernah coba???

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

47 thoughts on “Seruni

  1. saya kalo sariawan sama simbok selalu diolesi kecap. entah apa maksudnya seng jelas gak mesti sembuh, yang pasti perih.. hiks. oh seruni, jadi kau warna warni, secerah sariawan di bibir sandra dewi.. *halah* :D
    mantan kyai´s last blog post..Renungan Hujan

  2. Sariawan, istriku rentan dengan gangguan tersebut. Pengalaman yang mas sharing bermanfaat banget, btw, nama bekennya klo kita keapotek apa mas? Biasanya sih istriku minum madu, serta mengoleskan madu ditempat sariawan itu terjadi. Matursuwun nggih atas infonya.

    budhi´s last blog post..Jomblo karena Iklan

  3. Terimakasih insyaallah bisa dicoba, ngapain cari obat kimia yang mahal, lha wong yang herbal begitu terbentang luas di persada ini.
    Bedanya mas Andy sama saya, kalo bepergian panjenengan jalan saja langsung mengalir ide postingan, apalagi duduk mampir ke suatu tempat, postingan langsung memenuhi benak saking penuhnya memorinya perlu di upgrade he2

    wahyubmw´s last blog post..DIALOG KIAI DAN IBLIS

  4. bunga seruni yang ternyata berkashiat obat, bukan cuma buat bunga potong untuk sawangan. Thx infone,Mas. But, butiran yang berwarna cokelat dari bunga seruni itu apakah bijihnya ? atau bunga setelah dikeringkan dan ditumbuk halus ? ra mudheng aku, Mas…
    Enak ya Mas, plesiran gratis masih dibayarin pula, masih bisa bikin postinmg buat bagi2 kawruh pada teman2 blogger pula, itu namanya sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau terlampaui….Top!

    BTW, kemaren itu saya lihat memang palang bicak sudah lenyap, tinggal sisa-sisa material renovasi city walk disekitaran sriwedari…qiqiqi…pak pulisi itu tahu ajah ya ada pengendara motor yang suka mingsruh masuk jalur lambat…antara lain ya aku ini…(malu…), abisnya daripada muter2 kan jauh…apalagi kalu aku dari Gramedia mau ke belakang Sri Wedari, mosok harus muter ngetan dulu lewat honggowongso, kadohan, nggak efisien gitu lho…semoga yang punya pikiran nakal ini cuma aku saja, yang lain jangan tiru2 ya…nggak baik. Besok saya insyaf deh…

    ayik´s last blog post..Bapak saya dan keronconG

  5. cantiknya bunga seruni..
    dan.. saya termasuk salah satu pelanggan sariawan, baru tau pak ada minuman seruni sebagai obat sariawan. biasanya minuman dari daun sirih.
    hmm.. mo nyari ke apotik ah nanti.. :)

  6. walah, aku baru tau klo bunganya ternyata berwarna indah ya, mas…
    abis biasanya ngliat yang ud jadi butiran2 coklat ituh… hehehe
    aku kalo sariawan juga minum teh chrysantemum itu… emang manjur deh! :)

    caroline´s last blog post..Memberi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *