Suluh

Dalam bahasa Indonesia dan bahasa Melayu suluh bisa diartikan sebagai obor atau penerang di kegelapan. Demikian pula dalam bahasa Gayo. Sayangnya, kata yang menurut saya bagus itu jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih banyak digunakan dalam urusan sastra.

Ops, tidak hanya itu! Indonesia juga punya kapal perang yang diberi nama Suluh Pari. Ada juga media massa yang menggunakan kata suluh misalnya majalah jadul Suluh Indonesia, Suluh Marhaen, bahkan Ajip Rosidi -sastrawan Indonesia- semasa duduk di bangku SMP pernah menjadi redaktur majalah Suluh Peladjar (1953-1955).

Di Jawa, kata suluh juga sering digunakan dan tidak hanya bermakna penerang.

Suatu hari, saat saya pulang dari bepergian cukup lama, sesampai di rumah anak saya menyambut dan berkata; “Pak! Gedhange wis ana sing suluh!”…

(doh) Terlalu lama meninggalkan rumah menjadikan saya agak lalai dan tidak begitu memperhatikan kebun di belakang rumah. Ternyata ada pisang yang matang di pohon…

Di Jawa, pisang matang pohon seperti itu disebut pisang suluh.

Haks… Lumayan… Beberapa hari lagi pisang itu -walaupun hanya terdiri dari beberapa sisir saja- pastinya akan matang merata. Selanjutnya bisa dimakan begitu saja, atau dibikin pisang goreng, atau bisa juga dimasak menjadi kolak pisang yang lezat yang bisa dinikmati saat berbuka puasa… (mmm)

Sedulur suka pisang?

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

38 thoughts on “Suluh

  1. Saia jg suka pisang jenis yg spt pd gmbr. Prnh lomba bkin kreasi pisang goreng, saia iseng tmbh2in pke keju&susu segala. Enak sih,tp ga dpt juara 1 krn jd makanan yg bikin org gemuk. :D Makanya saia ga suka disuluh-suluh masak,dapur bs jd laboratorium eksperimen! Ancurrr… (lol)

    • kl mo bikin pisang goreng, belajar dulu deh sama pak Andy!
      ada 3 menu terlaris di cafe kecakot: 1. pisang goreng gepeng ala kecakot, 2. mie goreng ala resto kecakot, 3. nasi ruwet pak kecakot…
      kapan2 kl saya undang ke cafe saya! :-)

  2. kalo di tempat saya, kecamatan di kabupaten Banyumas yang namanya suluh itu kayu bakar buat masak.. atau kayu bakar untuk industri pembuatan genteng.

    dan semua jenis makanan yg terbuat dari pisang saya suka, sampai2 temen saya kalo lihat pisang langsung inget saya hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>