Tablet

Bila mendengar kata tablet, pasti yang terbayang di pikiran adalah sebuah peralatan canggih yang pengoperasiannya cukup dengan mencolek saja, misalnya seperti ini:

Tablet

Itu tidak salah. Tapi pada dekade sebelum ini, pasti yang terbayang bukan sebuah peralatan melainkan sediaan obat misalnya seperti ini:

Tablet

Tablet obat yang di atas itu bersaudara dekat dengan pil, kapsul, kaplet, puyer, dan syrup. :-D

Yang tidak banyak diketahui, tablet sebetulnya sudah ada sejak jaman kebudayaan kuno sebelum Masehi. Kebudayaan kuno misalnya kebudayaan Mesir Kuno, Babilonia, Sumeria, dan lain-lain sudah mengenal tablet misalnya seperti ini:

TabletTentu saja bukan peralatan colek yang canggih, melainkan kepingan batu yang berisi tulisan bisa berisikan hukum, peraturan, catatan, atau sebagai sarana berkomunikasi.

Codex Hammurabi dari Mesopotamia yang terkenal yang dituliskan dalam tonggak batu besar mempunyai banyak turunan dan penjelasan yang dituliskan dalam tablet. Sepuluh Perintah Allah yang disampaikan kepada bangsa Israel melalui Nabi Musa juga dicatat dalam dua loh (tablet) batu.

Namun, bila saat ini mencari tablet di mesin pencari, dua macam tablet yang terakhir hampir-hampir tidak bisa ditemukan di halaman-halaman awal.

Tablet di Yahoo

Tablet di Bing

Tablet di Google

Kalau sedulur mendapat hadiah sebuah tablet, mau nggak?
Eh, dikepruk tablet sakit nggak ya?
Ah! Saya jadi pusing nih! Saya mau minum tablet dulu!

(LMAO)

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

22 thoughts on “Tablet

  1. Semua orang menggunakan tablet perkataan mempunyai banyak makna.Ramai daripada mereka adalah di atas dan ada banyak lagi.Adakah anda mendengar bahawa “tablet” yang digunakan dalam kereta api?

  2. Bisa aja nis.. mas Andi.. Gilanya lagi kalo maksa-maksain punya (gadjet) tablet, sampai-sampai nggadaikan SK Jabatan untuk kridit tablet. Akhirnya jadi nambah tablet terus mas…. tiap bulan gajinya habis untuk bayar tablet yang pertama dan yang kedua.

  3. mas, kau tertarik tulisan ginstal printer di linux. aku sekarang pake linux yang masih fedora. kemarin aku beli printer epson T13X, cuma bingung gimana nginstalnya. jujur saja, bisa enggak saya dibantu bagaimana caranya nginstal tuh printer di kompi saya. maksih buat bantuannya, salam anak bantul..

  4. Setaun lalu, pas pertama kali denger orang ngomong tablet tablet, asumsi saya ya tablet itu obat… haha…
    ternyata tablet itu alat canggih…

    Salam kenal, Mas Andy… Orang Kendal ya… dulu saya SMA-nya di SMAN1K… :)

    Hansen Muaja

  5. Jika makna Tablet dikembalikan seperti dulu, mungkin kalau dikepruk Tablet akan terasa lebih sakit daripada yang sekarang. Selain itu, pastinya lebih keras dan lebih berat juga. Setelah Tablet, mungkin istilah Kaplet akan berganti juga maknanya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *