Tonggeret

Sore yang cerah berawan di penghujung musim hujan yang masih basah ini, saya bersepedamotor melewati jalan beraspal di pedesaan, menyisir kebun, sawah, hutan rakyat dan perkebunan…

Permainan musik dimulai…

Burung-burung menjerit-jerit ribut pulang ke sarang, jengkerik mengerik, kodok dan katak di sawah atau di kubangan sisa air hujan ramai ber-kwangkwingkwong, seranggga-serangga kecil mendengung dan menguing terkadang mampir di mata bilamana helm terbuka kacanya.

Yang paling menghebohkan adalah tonggeret yang suaranya bisa puluhan bahkan ratusan desibel. Rasanya tidak ada serangga yang mampu mengalahkan kemampuan akustik si tonggeret alias jenggeret aka cicada itu. Di daerahmu namanya apa???

Di Indonesia ~setidaknya sependek yang saya tahu dan sepanjang yang saya punya~ kebanyakan berwarna hijau, kadang ada yang kehitaman atau kecoklatan. Namun, serangga yang sebarannya mulai dari daerah tropis sampai sub tropis ini ternyata bermacam jenis. Lebih dari 3000 jenis telah diidentifikasi (gambar di atas diambil dari pencarian Google).

Ya… Tonggeret ~Kerajaan: Animalia, Filum: Arthropoda, Kelas: Serangga, Ordo: Hemiptera, Upaordo: Auchenorrhyncha, Infraordo: Cicadomorpha, Superfamili: Cicadoidea, Famili: Cicadidae (wikipedia)~ memang istimewa. Tubuhnya besar, kuat, dan sayapnya yang tipis kaku kuat, sangat istimewa karena gesekannya bisa menghasilkan suara yang dahsyat, tak kalah dengan speaker full-range buatan pabrik.

Sungguh keindahan alam ternyata tidak hanya bisa dinikmati dengan mata. Semua indera termasuk telinga pun bisa menikmatinya…

Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan???

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

64 thoughts on “Tonggeret

    • betul pak guru Yuda! Menurut literatur saya speciesnya antara lain Magicicada septendecim, Magicicada cassini, dan Magicicada septendecula…

    • ya… beberapa jenis tonggeret (antara lain gareng atau garengpung) di Jawa dijadikan pertanda karena muncul menandai musim kemarau (mangsa ketiga)…

  1. kalau weliyo itu yang seperti ap Master? Apa seperti gareng juga? Soalnya sering denger suaranya tapi tidak tahu bentuk hewannya. Biasanya bunyi saat panas. Kalau pas mendung hewan itu bunyi, pasti bakalan cerah.

  2. Baru tahu wujudnya, tq, sering dengar suaranya kalau di gunung, cuman tdk akan mungkin ada di kota kendal, kecuali dikandang kayak burung, Orang2 ada yang menyebut tonggeret, ada tongleret, ada juga kewan “sepi” :))
    .-= sedulur Matt Wahyu menampilkan tulisan..Provokator vs Motivator =-.

  3. sepertinya cuma ada di daerah pegunungan yg masih relatif alami suasananya
    di daerah pesisir seperti di Kebumen kampung saya atau di pegunungan yang termasuk kota sudah tidak ada tonggeret
    ingat hewan ini jadi ingat dulu waktu tinggal di wonosobo :)

  4. kalo ditempatku nyebutnya dongkeret,bunyinya tiap sore..dongkeret…dongkeret…klo kta orang2 artinya dong nderes (wktnya ngmbl air nira diphn kelapa)
    .-= sedulur Minum menampilkan tulisan..Jus Segar =-.

  5. Haloo semua… wah seru nich
    ngomongin tonggeret.

    mau tanya nich apa bedanya Cicada yang sering muncuL waktu musim panas siang hari, di sunda d sebut (Ower-Ower),, sama cicada yang sering muncul pada musim hujan sore hari (Tongeret)
    N trus sama Cicada yang sering muncul d Jepang,,, Masing2 cicada itu mempunyai Suara yang beda2..
    seru nih jadi pengen tau,,,… ada yang tau gak?????

  6. Suara yang di hasilkan oleh cicada yang sering munculdi musim panas pada siang hari… suaranya nyaris Garing tapi terdengar hanya satu ekor alias satu suara saja..hehe
    Klo cicada yang suka muncul sore hari Suaranya saling bersautan satu dengan yang lain dan menusuk telinga……

    klo deket bisa bisa budek…hehe

    Klo cicada yang suka ada di jepang suaranya Kalem, temponya juga kelem…
    rasanya menunjukan satu ciri khas jepang banget giyu loh…..haha

    Klo bisa Teliti sama jenis2 suaranya dong Boss……… :-)

  7. ada yang berpendapat bahwa tongeret itu makanannya anginn….hahahaa
    Tu pendapat Orang tua jaman dulu..
    tapitongeret itu makanan nya getah pepohonan yang dihisap melalui jarum hisap..]
    klo di ibaratkan tongeret itu nyamuknya pohon…

    beTul gitu kan Boss Andi??? hihiii ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *