Vektor

Dulu sekali, saya pernah bikin gambar vektor. Waktu itu belajar dari Mantan Kyai si ahli gambar. Baru2 ini saya kembali tertarik pada gambar-gambar vektor. Kali ini saya tidak membuat gambar vektor itu menggunakan Photoshop melainkan menggunakan GIMP ~soalnya saya pengguna Linux yang di paket bawaannya sudah ada GIMP~.

Ternyata, untuk urusan olah gambar, GIMP yang gratis pun cukup tangguh dan  dalam banyak hal tidak kalah dengan Photoshop yang harganya mahal.

Sayangnya, saya bukan ahli gambar… jadinya masih kurang bagus tarikan garis dan pewarnaannya. Beberapa malahan saya tarik asal saja yang penting sudah mengesankan sosok yang ada dalam gambar.

Yang menyenangkan, ketika hasil konversi dari bitmap ke vektor itu saya tunjukkan kepada beberapa orang yang kebetulan mengenak obyek/model, mereka langsung tahu siapa itu. Terlebih lagi ketika saya tunjukkan kepada yang bersangkutan, beliau senang sekali…

Namun, rasanya saya masih harus banyak belajar lagi!!!…

Catatan:

  1. gambar vektor yang asli tidak bisa ditampilkan di sini, yang ditampilkan adalah konversi dari vektor ke bitmap.
  2. model gambar 1: andy mse ~diolah menggunakan Photoshop 7~
  3. model gambar 2: pak suhaji, guru SD dari desa Limbangan, Kendal ~diolah menggunakan GIMP
  4. proses pembuatan gambar vektor yang saya lakukan di GIMP sama dengan di Photoshop yaitu pemosteran, pengirisan bidang gambar, dan pewarnaan.
  5. silahkan lihat pula: http://andy.web.id/gambar-vektor.php

Post to Twitter Post to Plurk Post to Facebook Send Gmail

Related Posts

78 thoughts on “Vektor

    • kl di linux pakeknya inkscape…
      berhubung dulu saya nyoba bikin gambar vektor pakai photoshop, kali ini saya bandingin dengan GIMP…

  1. wow.. saya belum pernah nyoba gimp buat vector, yang pernah itu pakek inkscape.. heheheh… mase, kalau vector itu khan softwarenya musti berbasis vector, kalau gimp itu khan basisnya bitmap.. apa ndak syusye mas???

    • lha itulah… seperti jawaban saya pada mas riyogarta, dulu saya nyoba pake photoshop, ini nyoba mbandingin dengan GIMP… memang lama dan harus tlaten, tapi lumayan asyik…
      jujur saja, saya terpesona waktu ketemu mantan kyai dan melihat dia enak banget nyeret2 mouse untuk motong2 bidang gambar… kayaknya mudah banget, waktu aku nyoba sendiri… hhh… pegel… huahaha…

  2. langsung coba aja… pilih distro apa saja… lebih asyik yg komunitasnya banyak, jadinya bisa gampang tanya2 di forum2, milis2, dlsb.
    kl ada kesulitan langsung tanya aja sama mbah Google…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *